Achieving Graduate Competency Standards: Impact of The Excellence Program

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam pendidikan merupakan standar menjadi dasar pengembangan standar lain seperti standar isi, proses, penilaian. Hal ini seringkali dibagikan oleh lembaga pendidikan, tidak terkecuali dengan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi harus tau bagaimana visi, misi dan learning outcome dari lulusannya, sebab itu SKL perlu dirancang sedemikian rupa, tidak cukup dengan hanya copy pasti dari lembaga lain, tetapi perlu berangkat dari intake (analisis terhadap inputnya) sendiri, sehingga lulusannya dapat memiliki kompetensi sesuai dengan kurikulum dan proses pembelajaran yang dilakukan.

berikut ini tulisan saya tentang strategi dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan berdasarkan hasil penelitian pada International Class Program di UIN Malang.

Untuk lebih lengkapkan dapat dilihat pada link berikut.

http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/1581/1728

http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/1581/0

DOKUMEN SPMI

Dokumen SPMI disini

KEBIJAKAN STRATEGIS TRANSFORMATIF PENDIDIKAN ISLAM

IMG-20170719-WA0004                  cover buku kebijakan strtegis003

Buku ini merupakan Ijtihad kami sebagai dosen team teaching (Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd) pada matakuliah Kebijakan Strategis Transformatif di IAIN Tulungagung pada program doktor (S3). Sejak awal kami bersepakat agar karya-karya mahasiswa dapat menjadi buku yang layak terbit, sebab itu tugas berat saya sebagai editor adalah mensingkronkan berbagai pemikiran dalam tulisan ini hingga layak untuk dibaca. Secara jujur harus saya katakan bahwa banyak sekali kontribusi dari Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag dalam menyusunan rencana pembelajaran, karena mata kuliah ini baru dalam  bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Karya mahasiswa program doktor telah terbit setidaknya dua buku di kelas yang berbeda dan salah satunya adalah pada program MPDI beasiswa 5000 doktor IAIN Tulungagung.

Buku ini bisa didapatkan di perpustakaan PPs IAIN Tulungagung

 

KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN

IMG20171002083246

Buku ini merupakan pemikiran dari berada pihak tentang gagasannya mengenai kampus dakwah dan peradaban IAIN Tulungagung, banyak pemikiran positif di dalamnya, tetapi juga tidak sedikit kritik tajam sebagai penyeimbang. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada link berikut.

https://drive.google.com/file/d/0B8F75sYCGUt3UTNxSlNlUHU1NG8/view?usp=sharing

QUALITY ASSURANCE SYSTEM BETWEEN THE ISLAMIC STATE UNIVERSITY AND THE STATE UNIVERSITY

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan sistem penjaminan mutu di Universitas Islam Negeri Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan Universitas Negeri di Technical Institute of Surabaya (Institut Teknik Surabaya / ITS). Temuan mengenai sistem jaminan kualitas meliputi; alasan untuk menerapkan penjaminan mutu, nilai inti dari perencanaan mutu, penjaminan mutu pelaksanaan, penjaminan kualitas evaluasi, faktor pendukung pelaksanaan penjaminan mutu, strategi penjaminan mutu, dan hasil penjaminan mutu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian metode penelitian eksploratif dengan instrumen model perkembangan. Sedangkan proses penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data kualitatif, maka temuan ekstrem diikuti dengan mengumpulkan data kuantitatif, dan akhir proses ini adalah menafsirkan data bersama. Dari data kualitatif, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara penjaminan mutu di UIN Malang dan ITS. Jaminan kualitas dalam pengelolaan institusi (X), aspek akademik (Y), dan kepuasan pelanggan (Z) berbeda secara signifikan antara UIN Malang dan ITS. Kepuasan pelanggan di UIN Malang dipengaruhi oleh kualitas manajemen dan akademik dengan proporsi yang lebih besar daripada di ITS.

 

lebih lengkapnya ada bisa buka dan download di link berikut ini.

http://journal.uinsgd.ac.id/index.php

PENDIDIKAN ISLAM WASATHIYAH: MELAWAN ARUS PEMIKIRAN TAKFIRI DI NUSANTARA

Wasathiyah Islam muncul sebagai penyeimbang munculnya kelompok yang sering dan kelompok lainnya. Selain itu, pendidikan juga wasathiyah sedang memahami Islam, dengan gagasan menentang kekerasan, membela yang tertindas, fanatisme, ekterimisme, menolak intimidasi, dan terorisme. Wasathiyah (moderasi) termasuk tokoh utama Islam; karena nilai ini selalu menghubungkan Muslim dengan prinsip dasarnya. Kondisi kehidupan mereka saat ini tidak terputus dari sejarah masa lalu mereka dan sangat terkait dengan sejarah kehidupan generasi yang benar sebelumnya. Dalam pandangan Islam, kehidupan selalu berubah dan berputar. Oleh karena itu, sikap Islam moderat menolak berpisah dari saat ini dan mengabaikan kejadian yang terjadi di dalamnya. Islam juga menolak membungkus ijtihad moderasi yang dipengaruhi oleh kondisi atau lingkungan dengan pakaian keabadian dan pemeliharaan kesalahan dan perubahan, tanpa ijtihad lain yang juga dipengaruhi oleh lingkungan dan kondisi lingkungan yang berbeda dengan ijtihad sebelumnya.

 

lebih lengkapnya bisa dibaca di link berikut:

http://ejurnal.stainparepare.ac.id/index.php/kuriositas/article/view/84

SOFT BKD versi 2015

bkd versi 2015 bisa di download di sini.

https://drive.google.com/file/d/0B8F75sYCGUt3VVJocC1lQ1VLX0U/view?usp=sharing

KKNI FULL

pedoman dan contoh KKNI dapat di lihat pada link ini.

https://drive.google.com/folderview?id=0B8F75sYCGUt3N1Fqdm9fVFo3N28&usp=sharing

BUKU DINAMIKA PEMIKIRAN INTELEKTUAL MUDA NU

cover buku pemikiran intelektual muda NU001

Untuk membaca dapat dilihat pada link berikut.

https://drive.google.com/file/d/0B8F75sYCGUt3QkZvMjFhT2VxVXM/view?usp=sharing

Jurnal TERAKREDITASI IPI: إستراتيجية التقييم الشامل في تعليم التربية الإسلامية الموجّه إلى إنشاء الشخصيةالكاملة

cover jurnal terakreditasi IPI UIN bdg004

Untuk lebih jelasnya dapat diakses pada link berikut ini.

https://drive.google.com/folderview?id=0B8F75sYCGUt3aGR2eXY3ZlBSOFk&usp=sharing