Materi Kuliah

Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.
Program Studi Tadris Matematika STAIN Tulungagung

Tulisan ini bermula dari pertanyaan teman-teman dan mahasiswa tentang footnote. Teman-teman dan mahasiswa bertanya kepada saya tentang cara mengubah posisi garis footnote yang berada di sebelah kanan menjadi di sebelah kiri. Sebaliknya, ada juga yang bertanya mengubah posisi garis footnote yang berada di sebelah kiri menjadi di sebelah kanan. Teman atau mahasiswa yang tanya mengubah posisi garis footnote dari kanan menjadi kiri mayoritas mereka membuat makalah atau tugas akhir yang teksnya dari sebelah kiri (Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris). Jika permulaan teksnya dari sebelah kiri, maka footnotenya juga harus dari sebelah kiri dan garisnya juga harus dari sebelah kiri. Sedangkan mereka yang bertanya mengubah posisi garis footnote dari kiri menjadi kanan mayoritas mereka membuat makalah atau tugas akhir yang teksnya dari sebelah kanan (Bahasa Arab). Jika permulaan teksnya dari sebelah kanan, maka footnotenya juga harus dari sebelah kanan dan garisnya juga harus dari sebelah kanan. Selain kedua pertanyaan tersebut, ada juga dari mereka yang bertanya gara-gara garisnya ada di sebelah kanan secara tiba-tiba. Entah ini benar tiba-tiba atau secara tidak sadar mereka klik sana dan klik sini kemudian posisi garisnya pindah.

Jika dicermati memang aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kiri tapi garis footnotenya ada di sebelah kanan. Sebaliknya, terlihat aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kanan tapi garis footnotenya ada di sebelah kiri. Hal ini mungkin tidak dipermasalahkan oleh sebagian orang, tapi dari aspek tata cara penulisan karya ilmiah ini harus diperbaiki agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain footnote, masih ada beberapa cara lain untuk menuliskan sumber rujukan atau kutipan, yaitu endnote dan innote.

Pengaturan awal posisi garis footnote pada Microsoft Word (2003, 2007, 2010, atau 2013) berada di sebelah kiri. Posisi garis footnote harus diatur ulang agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Untuk mengatur atau mengubah posisi garis footnote, perhatikan langkah-langkah berikut.

Continue reading

Berikut ini adalah video LPJ hasil perbuatan mahasiswa (baca: presentasi hasil pembuatan media pembelajaran matematika, heee...). Materi yang dipresentasikan tentang penggunaan Kirigami untuk mengenalkan konsep Volume Kubus dan Balok. Penggunaan Kirigami ini terinspirasi dari konsep Origami yang berasal dari Jepang. Ada kemungkinan mahasiswa ini terinspirasi dari Jepang karena wajahnya memang agak kejepang-jepangan...[JEjere SamPANG...heee). Kalo gak percaya, coba liat video berikut...

Nah, kalo ini beda lagi...mahasiswa ini agak narsis dikit, media pembelajaran yang dihasilkan berupa video pembelajaran yang modelnya adalah dirinya sendiri [biar terkenal mungkin...heee]. Setelah video ini saya upload semoga mahasiswa ini jadi terkenal....mendadak jadi artis, masuk tipi...ato minimal orderan editing videonya tambah lancar. Amiin...! OK, liat aja langsung videonya...