Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.
Program Studi Tadris Matematika STAIN Tulungagung

Tulisan ini bermula dari pertanyaan teman-teman dan mahasiswa tentang footnote. Teman-teman dan mahasiswa bertanya kepada saya tentang cara mengubah posisi garis footnote yang berada di sebelah kanan menjadi di sebelah kiri. Sebaliknya, ada juga yang bertanya mengubah posisi garis footnote yang berada di sebelah kiri menjadi di sebelah kanan. Teman atau mahasiswa yang tanya mengubah posisi garis footnote dari kanan menjadi kiri mayoritas mereka membuat makalah atau tugas akhir yang teksnya dari sebelah kiri (Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris). Jika permulaan teksnya dari sebelah kiri, maka footnotenya juga harus dari sebelah kiri dan garisnya juga harus dari sebelah kiri. Sedangkan mereka yang bertanya mengubah posisi garis footnote dari kiri menjadi kanan mayoritas mereka membuat makalah atau tugas akhir yang teksnya dari sebelah kanan (Bahasa Arab). Jika permulaan teksnya dari sebelah kanan, maka footnotenya juga harus dari sebelah kanan dan garisnya juga harus dari sebelah kanan. Selain kedua pertanyaan tersebut, ada juga dari mereka yang bertanya gara-gara garisnya ada di sebelah kanan secara tiba-tiba. Entah ini benar tiba-tiba atau secara tidak sadar mereka klik sana dan klik sini kemudian posisi garisnya pindah.

Jika dicermati memang aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kiri tapi garis footnotenya ada di sebelah kanan. Sebaliknya, terlihat aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kanan tapi garis footnotenya ada di sebelah kiri. Hal ini mungkin tidak dipermasalahkan oleh sebagian orang, tapi dari aspek tata cara penulisan karya ilmiah ini harus diperbaiki agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain footnote, masih ada beberapa cara lain untuk menuliskan sumber rujukan atau kutipan, yaitu endnote dan innote.

Pengaturan awal posisi garis footnote pada Microsoft Word (2003, 2007, 2010, atau 2013) berada di sebelah kiri. Posisi garis footnote harus diatur ulang agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Untuk mengatur atau mengubah posisi garis footnote, perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Buka dokumen yang akan diatur posisi garis footnotenya
footnote1
2. Posisikan kursor di teks permulaan footnote (nomor 1)
footnote2
3. Klik menu View, Draft
footnote3
4. Klik menu References, Insert Footnote atau secara bersamaan tekan tombol Ctrl+Alt+F
footnote4
5. Klik Footnotes, lalu pilih Footnote Separator
footnote5
6. Pindahkan posisi garis footnote sesuai dengan posisi yang diinginkan
footnote6
7. Klik menu View, Pint Layout
footnote7
8. Garis footnote sudah selesai diatur. Silahkan hapus nomor urut footnote yang ganda
footnote8
9. Selesai
footnote9

Demikian langkah-langkah mengubah posisi garis footnote di Ms. Word 2007. Mudah-mudahan tulisan yang hanya sedikit ini dapat bermanfaat. Amiin...!

Untuk file lengkapnya dapat diakses di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>