Kolaborasi Indah di Momen Idul Adha

IMG-20200731-WA0027

Eni Setyowati

"Bisa membuat keluarga bahagia adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup ini. Kesenangan bermula dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat, terutama keluarga. Keluarga adalah tempat terbaik untuk kita belajar tentang sebuah pengorbanan".

Sebenarnya, bukan sekali ini saja ketiga pendekarku masuk dapur. Setiap hari mereka selalu masuk dapur, karena kami berempat telah mempunyai tanggung jawab bersama tentang urusan dapur. Aku, sang mama, tentunya tetap mempunyai peran terbesar di dapur. Dapur juga menjadi tempat yang selalu dikunjungi suami mulai dari memasak air untuk membuat kopi, menanak singkong atau bahkan memasak. Eits...suamiku juga pintar masak lho. Sedangkan kedua buah hatiku bergantian bertugas mencuci piring dan membuang sampah. Tidak hanya mencuci piring, mereka berduapun juga biasa dengan urusan goreng-menggoreng, meskipun hanya menggoreng ayam, telur, tempe ataupun tahu.

Namun, hari ini adalah hari spesial. Seluruh umat muslim merayakan idul adha. Sejak pagi, selesai sholat id, semua umat muslim disibukkan dengan penyembelihan hewan kurban yang dilanjutkan dengan pembagian hewan kurban itu. Di momen idul adha ini, suasana guyub rukun terlihat sejak pagi. Mulai penyembelihan hewan kurban hingga pembagian hewan kurban, terjadi kolaborasi yang sangat indah. Hari ini, semua umat muslim merayakan idul adha dengan berbagai aneka masakan dari hewan kurban. Tak terkecuali dengan keluarga kecilku.

Kamipun mendapat daging kurban kambing dan sapi. Namun, daging kurban kami tidak langsung kami eksekusi, karena ternyata bumbu masakan di dapur sedang krisis. Akhirnya, kami bersepakat memasaknya sore hari saja. Nah, di sinilah kolaborasi keluarga kecilku mulai terjadi. Setelah sholat ashar, kamipun mulai beraksi. Langsung saja daging itu kukeluarkan dari freezer. Daging kambing yang menjadi pilihan pertama. Setelah keluar dari freezer, suami segera memasukkannya ke panci presto, sementara aku segera meluncur ke pasar untuk berbelanja keperluan bumbu yang habis. Ada dua rencana memasak sore ini, gulai dan rica-rica kambing.

Akupun segera meluncur ke pasar tradisional dekat rumah. Hasil catatanku kukeluarkan dari tas kecilku dan mulailah aku membeli bumbu-bumbu yang habis. Sekitar setengah jam waktu yang kubutuhkan untuk belanja di pasar. Begitu sampai di rumah, dagingpun sudah diangkat suami dari panci presto dan siap di masak. Kali ini kami memasak berdua.

Masakan pertama adalah gulai kambing. Bumbupun kusiapkan, sementara suami memotong daging kambingnya. Tak membutuhkan waktu yang lama, walhasil gulai kambingpun siap dihidangkan. Karena waktu tidak memungkinkan untuk memasak rica-rica, akhirnya sore ini rica-rica kambing masih kami pending. Semoga besok bisa memasaknya.

Tak terasa waktu semakin larut. Waktu makan malampun tiba. Kami nikmati gulai kambing ala emak dan bapak ini dengan penuh rasa cinta. Memasaknyapun dengan bumbu cinta, memakannyapun juga penuh cinta...cie cie... Alhamdulillah kami berempat menikmatinya dengan lahap.

CamScanner 07-31-2020 21.21.48

Kali ini, setelah makan malam, yang kebagian peran selanjutnya adalah kedua pendekarku (si kakak dan adik). Mereka berdua berkolaborasi mencuci piring dan membuang sampah.

Di dalam keluarga kecilku tidak ada kamus bahwa laki-laki anti dapur. Karena sudah terbiasa, suami dan anak-anak enjoy saja jika di dapur. Seringkali si kakak dan adik tiba-tiba ramai sendiri di dapur, ternyata mereka lagi membuat sesuatu masakan yang mereka inginkan. Kebiasaan ini tentunya sangat membantu mamanya. Mamanya yang seringkali "iwat iwut" kesana kemari, menjadi tidak kuatir jika meninggalkan mereka, karena mereka sudah terbiasa menyiapkan makannya sendiri. Terimakasih ya sayang karena telah membantu dan mengerti mama. I love you so much...

2 thoughts on “Kolaborasi Indah di Momen Idul Adha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>