PERLUNYA MANAJEMEN AIR

gambar air

Eni Setyowati

Di dalam kehidupan apapun perlu adanya suatu manajemen, tentunya manajemen yang baik. Apalagi kita sebagai ibu rumah tangga yang juga berkarir, manajemen dalam keluarga sangat dibutuhkan, baik itu manajemen keuangan maupun manajemen waktu. Seperti kita ketahui tentang teori manajemen, maka di dalam manajemen keluarga juga diperlukan adanya planning, organizing, actuating dan controlling. Namun yang sering kita hadapi adalah bahwa kenyataan tidak sesuai dengan perencanaan yang telah kita buat. Lalu apa yang terjadi?? Akankah kita akan kecewa ataupun marah-marah bahkan sampai stress menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Tentu saja “JANGAN DONG”, mengapa kita harus stres?? Lalu... apa yang harus kita lalukan??

Menurut saya untuk menghadapi permasalahan seperti di atas, tentunya kita harus menyadari terlebih dahulu bahwa kehidupan itu tidak semulus yang kita bayangkan dan kita harapkan. Jika kita menyadari akan hal itu, hidup kita akan lebih enjoy. Namun enjoy di sini bukan berarti kita menerima apa adanya, tetapi kita tetap harus menentukan solusi pemecahannya dari setiap permasalahan yang ada. Salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah dengan melaksanakan “manajemen air”. Apa itu manajemen air? Manajemen air adalah manajemen atau pengelolaan yang tidak terlalu ketat harus sesuai dengan perencanaan, tetapi kita harus siap jika kenyataan tidak sesuai dengan perencanaan, sehingga biarlah mengalir seperti air, namun kita dapat menampungnya.

Hal ini seperti yang pernah saya alami. Kemarin, saat saya ke luar tiba-tiba ada yang tidak beres dengan mobil saya. Saya merasakan kenapa mobil ini tidak dingin ya...padahal AC sudah saya nyalakan. Akhirnya, saat pulang, saya menyampaikannya kepada suami...karena memang saya tidak mengerti sama sekali tentang AC. Suami pun melihat kondisi mobil dan ternyata dinamonya tidak berputar... Waktu terus berlalu, dan setelah maghrib suami harus pergi ke kantor karena memang saat ini sedang sibuk-sibuknya....maklum mulai banyak proyek...heheheheh

Tibalah pagi hari. Mulailah kami sekeluarga beraktivitas sejak pagi. Kami berempat mulai dengan kegiatannya masing-masing. Tiba-tiba saya mendengar suara mesin cuci yang beroperasi....eee ternyata si kakak sedang mencuci...sementara saya sendiri sedang bersih-bersih rumah..... Saat itu juga saya melihat suami sedang mengambil nasi (lah kok mengambil nasi, padahal belum punya lauk karena masih terlalu pagi sekitar pukul 06.00, ternyata suami ada acara di kantor. Akhirnya....suamipun setelah mengambil nasi kemudian membawa piringnya ke warung sebelah untuk membeli lauk (hehehe untungnya sebelah rumah ada warung yang sudah siap menunya sejak pagi). Ya...itulah suami saya tidak pernah malu meskipun harus mengerjakan pekerjaan perempuan. Saya sangat bersyukur sekali.

Percakapan saya dan suami pun berlanjut tentang kondisi mobil yang AC nya tidak dingin. "Wah, bagaimana ya dengan mobil ini, sementara saya harus ke kantor sampai sore, besok juga harus ke lapangan, hari Senin sampai hari Kamis harus ke Malang?" kata suami (sambil mengernyitkan dahi). Sayapun menjawabnya, "sudahlah tenang....nanti saya bawanya ke bengkel AC, meskipun ini pekerjaan laki-laki saya bisa kok melakukannya hehehehe”....

Dan tibalah waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB. Saya dan si kecil berangkat ke bengkel....eng ing eng....mobilpun tertangani...ternyata evaporatornya bocor...yah harus diganti.... sambil menunggu mobil diperbaiki saya bisa mengajari si kecil latihan soal-soal olimpiade. Memang, saya sudah menyiapkan soal-soal di tas (karena saya berpikir pasti nanti di bengkel cukup lama) dan saat istirahat setelah melatih si kecil...akhitnya sayapun bisa menulis catatan sederhana ini.

Ternyata menerapkan manajemen dalam kehidupuan sehari-hari itu tidak semudah teori manajemen yang ada. Saya lebih enjoy menikmati manajemen air....mengalir sesuai alirannya.... Ternyata memang perlu juga kita menerapkan manajemen air. Janganlah malu untuk melakukan pekerjaan yang di luar kebiasaan, karena itu adalah luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>