BELAJAR MENGGALI AJARAN SYEKH ALI JABER TENTANG AMALAN RINGAN PALING MENAKJUBKAN (20 KIAT MENUJU KEBAHAGIAAN HIDUP) Bagian 1

Amalan RIngan

Oleh: Eni Setyowati

 Akhir-akhir ini, buku karya Syekh Ali Jaber yang berjudul “Amalan Ringan Paling Menakjubkan (20 Kiat Menuju Kebahagiaan Hidup)” ini menjadi booming setelah sang penulis wafat akibat sakit yang dideritanya. Buku ini sebenarnya bukan buku yang baru, cetakan pertamanya sudah ada sejak tahun 2017. Kemudian pada tahun yang sama naik cetak lagi yang kedua. Akhir-akhir ini buku tersebut kembali mencuat, dan pada Januari 2021 telah masuk pada cetakan kesepuluh, sungguh luar biasa. Buku dengan ketebalan 208 halaman ini memang mudah dibaca, dipelajari serta diamalkan, sehingga tak salah jika sampai hari ini sudah sampai pada cetakan kesepuluh.

Buku ini merupakan bacaan yang penuh makna bagi kita semua, serta dikemas dengan kalimat yang mudah dipahami. Berisi tentang amalan-amalan ibadah yang ringan, tetapi nilai dan pahalanya sangat besar di sisi Allah SWT, sehingga buku ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Buku ini terdiri dari 23 bagian yaitu: (1) 12 Amalan untuk mengatasi berbagai masalah dan mewujudkan hajat, (2) 8 Keberkahan dan keistimewaan ibadah Shubuh, (3) Berwudhu sebelum tidur, amalan menuju husnul khatimah, (4) Keajaiban membaca Al-Qur’an, (5) The Power of Do’a, (6) Keajaiban Surah Al-Muluk, (7) Amalan penyebab husnul khatimah, (8) Kiat mencetak anak shaleh dan shalehah, (9) Amalan-amalan pengusir was-was, (10) Menggapai kemuliaan dengan taubat, (11) Keutamaan sujud kepada Allah SWT, (12) Kedahsyatan Surah Al-Ikhlash, (13) The Power of Do’a (Waktu, tempat dan cara agar doa dikabulkan Allah), (14) Rahasia agar hajat cepat terwujud (Dahsyatnya sedekah Shubuh), (15) Dzikir pembebas 99 kesulitan, (16) Keajaiban dzikir dan shalawat, (17) Do’a yang menjadi rebutan malaikat, (18) 3 Amalan agar hidup tidak merugi, (19) Do’a pembayar syukur dan do’a yang meliputi keseluruhan, (20) Kekuatan surah al-Fatihah, (21) Cara menggapai tabungan akhirat (keutamaan saling menyampaikan kebaikan), (22) 4 Amalan utama di hari Jumat, dan (23) Rahasia agar kita dihargai Allah.

Keduapuluh tiga bagian tersebut tentunya wajib kita ketahui, kita pelajari dan kita amalkan. Oleh karena itu, saya mencoba mereview masing-masing bagian tersebut, agar mudah untuk dipelajari. Pada tulisan ini saya akan mencoba mereview bagian 1 tentang 2 Amalan untuk mengatasi berbagai masalah dan mewujudkan hajat. Pada bagian 1 ini penulis ingin mengajak pembaca yang sedang punya hajat, punya masalah rumah tangga, punya masalah dengan suami/istri, ingin punya jodoh, ingin mendapatkan rejeki, punya masalah keturunan, punya dosa, punya masalah belum terselesaikan, punya masalah dalam beribadah, punya utang belum dilunasi ataupun yang punya masalah was-was dalam jiwa dan pikirannya. Intinya semua masalah, baik tentang dunia maupun akhirat.

Amalan yang harus kita lakukan adalah: pertama, sebelum tidur, kita lakukan shalat 2 rakaat, hitunglah sebagai shalat hajat atau shalat sunnah apa saja. Kemudian dilanjutkan shalat witir. Witir boleh juga dilakukan saat di sepertiga malam. Begitu selesai, lalu berbaring. Sambil berbaring kemudian kita membaca do’a “Hasbiyallaahu wa ni’mal wakil.” Sebelum membaca do’a tersebut, kita membayangkan hajat kita dengan penuh keyakinan, besok, lusa atau tidak lama lagi kita akan mendapatkan kegembiraan dan selesai semua masalah kita. Ingat, jangan ragu-ragu untuk mengamalkannya. Yakinlah bahwa Allah bagi kita adalah segala-galanya, dan Allah adalah sebaik-baik yang mewakili urusan kita.

Kedua, sepanjang hari, pagi, siang, sore, malam, dimana saja kita berada, jangan berhenti beristighfar. Bagi siapa yang rajin beristighfar, Allah akan memudahkan segala urusannya, dan Allah akan mengangkat segala kesusahannya, serta didatangkan rejeki dari tempat yang ia tidak sangka-sangka. Ingat apapun kesibukan kita, bawalah terus istighfar. Awali istighfar dengan sayyidul istighfar.

Demikianlah amalah pertama yang dapat kita lakukan, semoga jika kita punya segala masalah, maka masalah tersebut akan segera terselesaikan. Aminn ya rabbal alamin. Tunggu bagian 2…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>