Pendidikan Yang Belum Maksimal

Pendidikan adalah salah satu upaya yang dilakukan untk menjadikan manusia sebagai manusia seutuhnya. Kesadaran itu akan terwujud dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh peserta didik setelah ia mengenyam pendidikan baik dibangku sekolah, madrasah maupun lingkungan tempat ia berada. Maraknya tawuran yang terjadi antar pelajar menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pendidikan masih sangat jauh dari harapan. Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai pendidik.
Seorang pendidik tidak hanya bertanggung jawab melakukan transfer of knowledge akan tetapi mereka harus bertanggung jawab dalam melakukan penyadaran dan perubahan mental dan sikap peserta didik. Penyampaian materi adalah hal yang sangat mudah dilakukan oleh pendidik akan tetapi memberi penyadaran dan perubahan mental serta sikap peserta didik adalah hal yang sangat sulit meski tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan.
Untuk melakukan perubahan dan penyadaran dalam diri peserta didik memerlukan kerja keras dan ketelatenan. Seorang pendidik harus mampu menjadi uswah hasanah bagi peserta didik, tidak hanya ketika mereka berada disekolah akan tetapi dalam setiap lini kehidupan. Hal ini harus diperhatikan benar – benar agar siswa didik benar – benar bisa mencontoh tradisi dan kebiasaan pendidik.
jika seorang pendidik tidak mampu untuk melakukan hal itu, maka sulit sekali tujuan yang diharapkan dari pendidikan bisa dicapai dengan maksimal. Dukungan orang tua, lingkungan dsb juga harus maksimal jika hal – hal itu tidak dilakukan maka sulit rasanya untuk mewujudkan peserta didik yang berkesadaran.

contoh video tawuran pelajar :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *