Setiap yang Bernyawa Pasti Akan Mati

Kehidupan dan kematian adalah dua hal yang saling berkelindan. Jika kehidupan ada maka kematian tidak ada, pun pula sebaliknya.
Misteri kehidupan dan kematian seakan telah menjadi rahasia umum dikalangan umat manusia. Betapa tidak, kehidupan yang setiap hari dijalani dan dilakoni manusia itu bak teka teki yang sulit untuk dicari jawabannya. Jawaban atas teka teki kehidupan itu akan terjawab manakala anak manusia telah melewati seluruh sisi kehidupan yang ia jadikan sebagai sebuah teka teki itu sendiri.
Hari demi hari dan kehidupan terus berjalan secara dinamis. Satu persatu rahasia kehidupan mulai terjawab dan terkuak dengan segala peristiwa yang dilakoni anak manusia dalam kehidupannya. Peristiwa – peristiwa yang ia lalui menjadi sebuah jawaban atas segala pertanyaan yang selama ini terbesit dalam pikirannya. Seorang penyair arab mengatakan dalam sebuah syairnya ;
ستبدى لك الأيام ما كنت جاهلا ويأتيك بالأخبار من لم تزود
Hari – hari itu akan menjelaskan kepadamu tentang apa yang sebelumnya engkau tidak tahu, ia akan datang kepadamu dengan berbagai kabar (informasi) yang sebelumnya tidak pernah engkau persiapkan.
Begitulah kehidupan yang selalu memberikan tanda tanya besar bagi manusia. Bagaimana nasib mereka semenit dua menit kedepan tidak ada seorang pun yang tahu. Disebutkan dalam sebuah kisah, bahwa amirul mukminin Umar ibnu Khaththab suatu ketika hendak meminjam beberapa dinar dari baitul mal untuk memenuhi hajat kehidupan keluarganya yang saat itu dalam keadaan memprihatinkan. Amirus shunduq yang mengelola baitul mal lantas mengatakan kepadanya, “Apakah tuan bisa menjamin bahwa tuan masih hidup esok hari?”. Mendengar pertanyaan itu Umar lantas mengurungkan niatnya untuk meminjam beberpa dinar dari baitul mal. Begitulah Umar yang namanya sangat masyhur dikalangan muslimin hingga saat ini.
Al qur’an secara tegas menjelaskan bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Pernyataan ini terdapat dalam surat Ali Imran ayat 185 :
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ -١٨٥-
Artinya :Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya akan disempurnakan pahala kalian pada hari kiamat. Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ia benar-benar telah beruntung. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya.

Berikut video tentang kematian:


Demikianlah, ayat diatas menegaskan kepada kita bahwa setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Sesungguhnya besok pada hari kiamat Allah akan memberikan balasan yang setimpal pada setiap manusia sesuai dengan apa yang telah mereka perbuat. Tidak sedikitpun Allah berbuat curang atas manusia karena sesungguhnya Allah bersifat adil kepada semua hamba – hambaNya.
Setelah manusia mati maka secara otomatis terputuslah segala amal perbuatan mereka. Setelah memasuki alam kematian, manusia akan berada dalam alam penantian sebelum alam akhirat yang dikenal dengan nama ‘alam barzakh, yakni alam dimana manusia diletakkan didalam ling lahat (kubur) sampai terjadinya kiamat. Didalam alam ini manusia akan mengalami nikmat apabila amal mereka baik selama hidup didunia. Sebaliknya apabila selama hidup didunia mereka senantiasa berbuat maksiat dan durhaka mereka akan mengalami siksa yang dinamakan dengan ‘azab kubur.
Begitulah sunatullah berlaku, ada kehidupan ada kematian. Ada nikmat ada ‘azab. Allah senantiasa menciptakan segala sesuatu dengan berpasang – pasangan agar manusia mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang telah mereka lihat, dengar dan mereka alami.
Mudah – mudahan kita senantiasa diselamatkan oleh Allah dari segala sesuatu yang buruk. Mudah – mudahan hidayah Allah senantiasa menyertai diri kita dalam mengarungi samudera kehidupan ini hingga kita bisa kembali kepadaNya dengan husnul khatimah. Amin. Wallahu A’lam Bil Shawab…..

Kamarku 09 – 05-2013
Pukul 21:51

4 comments

  1. titin says:

    Super sekali,,,,

  2. informasi yang bagus salam kenal dari Jual Benih Sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *