Masa Tiga Kerajaan Besar

1. Bidang Kemiliteran dan Pemerintahan
Para pemimpin kerajaan Usmani pada masa – masa pertama adalah orang – orang yang kuat, sehingga kerajaan dapat melakukan ekspansi dengan cepat dan luas. Meskipun demikian Kerajaan Usmani mencapai masa keemasannya tidak semata karena keunggulan politik para pemimpinnya semata. Masih banyak faktor lain yang mendukung kerajaan ini dalam mencapai masa keemasannya.
Kekuatan militer kerajaan ini mulai diatur dengan baik dan teratur ketika terjadi kontak senjata dengan Eropa. Pasukan militer Usmani diorganisir dengan baik, melakukan taktik dan strategi berperang yang bagus sehingga kemenangan bisa diraih. Pasca kemenangan atas Eropa, kekisruhan terjadi ditubuh militer, akan tetapi hal itu segera dapat diatasi.
Pembaharuan dalam tubuh militer dilakukan oleh Orkhan, tidak hanya dalam bentuk mutasi – mutasi personel pimpinan, tetapi juga dilakukan perombakan anggota. Bangsa – bangsa non Turki dimasukkan sebagai anggota, bahkan anak – anak Kristen yang masih kecil diasramakan dan dibimbing dalam suasana Islam untuk dijadikan sebagai prajurit. Program ini berhasil dengan terbentuknya kelompok militer baru yang disebut pasukan Jenissari atau Inkisyariah. Pasukan ini berhasil mengubah negara Usmani menjadi mesin perang yang sangat kuat.
Disamping Jenissari terdapat kelompok militer lain yang merupakan tentara feodal yang dikirim kepada pemerintah pusat. Pasukan ini disebut dengan kelompok Thaujiah.
Keberhasilan ekspansi dan pembaharuan militer ini diiringi dengan keberhasilan jaringan pemerintahan yang teratur. Dalam mengelola wilayah – wilayah kekuasaanya yang luas, sultan – sultan Turki selalu bertindak tegas. Dalam struktur kekuasaannya, sultan tertinggi dibantu oleh shadr al a’zham (perdana menteri), yang membawahi pasya (gubernur). Gubernur mengepalai daerah tingkat I. Dibawahnya terdapat beberapa orang al zanaziq atau al ‘alawiyah (bupati).
2. Bidang ilmu pengetahuan dan budaya
Dalam bidang intelektual, kerajaan Usmani tidak begitu menonjol. Usmani lebih menekankan pada bidang militer. Oleh sebab itu tidak muncul nama para ilmuwan yang masyhur dari peradaban Usmani.
3. Bidang keagamaan
Agama dalam kehidupan masyarakat Turki mempunyai peranan yang sangat penting baik dalam lapangan sosial maupun politik. Masyarakat digolongkan berdasarkan agama, disisi lain kerajaan sangat terikat dengan syariat. Oleh karenanya ulama berperan penting dan memiliki tempat tersendiri dalam kerajaan Turki.
Pada masa ini thariqah juga mengalami perkembangan pesat. Thariqah yang paling berpengaruh bagi kerajaan Turki adalah Thariqah Bektasyi dan Thariqah Maulawi. Thariqah Bektasyi banyak diikuti oleh tentara yang bergabung dalam Jenissari atau Inkisari, sementara thariqah Maulawi banyak diikuti oleh kalangan penguasa.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *