Masa Tiga Kerajaan Besar

C. Kerajaan Mughal
Kerajaan Mughal berdiri seperempat abad setelah berdirinya kerajaan Safawi. Kerajaan ini berada di daerah India di wilayah benua Asia.
Kerajaan ini didirikan oleh Zahiruddin Babur ( 1482 – 1530 M ), di India dengan Delhi sebagai ibu kota kerajaannya. Ia adalah salah satu cucu dari Timur Lenk. Ayahnya bernama Umar Mirza, penguasa Ferghana. Babur menguasai daerah Ferghana dari orang tuanya ketika ia masih berusia 11 tahun.
Masa keemasan kerajaan Mughal berada pada masa pemerintahan Akbar. Akbar berhasil mengatasi segala bentuk gangguan yang mengancam kekuasaannya. Pada masa pemerintahannya Akbar berhasil memantapkan stabilitas politik dalam kerajaan. Akbar juga menerapkan politik sulakhul (toleransi universal). Dengan politik ini, semua rakyat India dipandang sama. Mereka tidak dibedakan karena perbedaan etnis dan agama.
Dalam bidang ekonomi kerajaan Mughal mengalami kemajuan yang pesat. Pertanian berkembang degan baik. Hasil pertanian yang terpenting ketika itu adalah biji – bijian, padi, kacang, tebu, sayur – sayuran, rempah – rempah, tembakau, kapas, nila, dan bahan – bahan celupan.
Bersamaan dengan majunya bidang ekonomi, bidang seni dan budaya juga berkembang. Karya seni yang menonjol adalah karya sastra gubahan penyair istana, baik yang berbahasa Persia maupun berbahasa India. Penyair India yang sangat terkenal adalah Malik Muhammad Jayazi, seorang sastrawan sufi yang menghasilkan karya besar berjudul Padmavat,sebuah karya alegoris yang mengandung pesan kebajikan jiwa manusia. Pada masa Aurangzeb, muncul seorang sejarawan bernama Abu Fadl dengan karyanya Akbar Nama dan Aini Akhbari,yang memaparkan sejarah kerajaan Mughal berdasarkan figur pemimpinnya.
Karya seni yang masih bisa dinikmati sampa sekarang dan merupakan karya seni terbesar yang dicapai kerajaan Mughal adalah karya – karya arsitektur yang indah dan mengagumkan. Pada masa Akbar dibangun Istana Fatpur Sikri di Sikri, vila dan masjid – masjid yang indah. Pada masa Syah Jihan, dibangun masjid berlapiskan mutiara dan Taj Mahal di Agra, Masjid Raya Delhi dan Istana indah di Lahore.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *