SAP Ta’bir Syafahi 2

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

(SAP)

  1. IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah            : Ta’bir Syafahi 2

Kode Mata Kuliah            :

Bobot SKS                        : 2 (dua)

Jenis Kompetensi              : Kompetensi Utama Tarbiyah

Mata Kuliah Prasyarat      : -

Program Studi                   : PBA

Semester                            : II (dua)

  1. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini memberikan ketrampilan kepada mahasiswa agar mampu berkomunikasi secara aktif dengan bahasa arab. Mata kuliah ini menekankan pada praktek percakapan untuk melatih mahasiswa dalam penguasaan maharatul kalam. Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Kebanyakan materi yang disampaikan seputar hal – hal yang familier dalam kehidupan mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa mampu menguasai dengan baik. Dalam perkuliahan ini praktek percakapan, eksplorasi ide sangat ditekankan dan partisipasi semua mahasiswa adalah fokus pembelajaran.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi dengan lancar seputar : (1) Sekolah   (2) Profesi (3)Studi dan Profesi (4) Guru Perempuan (5) Kamus (6) Di Pasar (7) Pakaian (8) Cuaca (9) Ke Luar Negeri (10) Dari Luar Negeri (11) Antara Desa dan Kota (12) Hobi (13)Pameran Hobi (14) Perguruan Tinggi  (15) Biro Perjalanan (16) Di Bandara (17) Tas Jinjing (18) Libur Ramadlan (19) Umrah (20) Haji (21) Di Rumah Sakit (22) Demam

  1. KEGIATAN PERKULIAHAN

Kegiatan perkuliahan ini dilakukan melalui strategi pembelajaran aktif eksploratoris. Mahasiswa diharuskan aktif  dalam setiap pembelajaran. Adapun tugas yang hrus dilaksanakan mahasiswa adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa harus hadir sekurang – kurangnya 75 %
  2. Mengikuti setiap perkuliahan dengan tertib
  3. Menghafalkan setiap mufrodat dan hiwar yang terdapat dalam materi
  4. Mempraktekkan setiap materi hiwar
  5. Membuat sebuah cerita pendek berbahasa arab sesuai dengan tema
  6. Bercerita didepan sesuai tema yang ditentukan

 

 

  1. JADWAL PERTEMUAN

No

Tamu

Materi Kuliah

Kegiatan Pembelajaran

1.

I

Sekolah  ( المدرسة )

Profesi   ( العمل )

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

2.

II

Studi dan Profesi ( التمنية )

Guru Perempuan ( المدرسة )

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

3.

III

Kamus( المعجم )

Di Pasar  ( فى السوق )

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

4.

IV

Pakaian( الملابس )

Cuaca   ( الجو )

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

5.

V

Ke Luar Negeri( إلى خارج البلاد )

Dari Luar Negeri( من خارج البلاد)

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

6.

VI

Antara Desa dan Kota(بين القرية والمدينة)

Hobi( الهواية)

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

7.

VII

Pameran Hobi ( معرض الهوايات)

Perguruan Tinggi ( الجمعية)

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

8.

VIII

UTS Tes Lisan
9.

IX

Biro Perjalanan( وكيل السفر)

Di Bandara(فى المطار)

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

10.

X

Tas Jinjing ( الحقيبة )

 

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

11.

XI

Libur Ramadlan ( العطلة الرمضانية) Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

12.

XII

Umrah ( العمرة )

 

Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

13.

XII

Haji ( الحج ) Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

14.

XIV

Di Rumah Sakit ( فى المستشفى) Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

15.

XV

Demam ( الزكام ) Praktek Percakapan

Bercerita

Eksplorasi

16.

XVI

UAS Tes Lisan

 

 

  1. EVALUASI

Penilaian dalam mata kuliah ini berdasarkan partisipasi dan kompetensi yang ditunjukkan mahasiswa dalam:

  1. Partisipasi dan Tugas (30%)
    1. Partisipasi

Penilaian ini didasarkan pada kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan, keaktifan dan keseriusan mahasiswa dalam proses pembelajaran, kompetensi yang ditunjukkan oleh mahasiswa dalam setiap perkuliahan, kemauan mahasiswa dan perilaku yang ditampilkan mahasiswa selama proses perkuliahan dalam setiap tatap muka.

  1. Tugas Individu/ Kelompok

Tugas yang dimaksud adalah setiap tugas yang diberikan dosen pengajar dalam setiap tatap muka baik secara individu maupun kelompok, tanggung jawab atas tugas yang diberikan baik dalam pembuatan hiwar, drama dan atau yang lainnya.

  1. UTS (35 %)

Kemampan mahasiswa dalam memenuhi segala target dan indikator yang telah ditetapkan selama setengah semester.

  1. UAS

Kemampuan mahasiswa dalam memenuhi segala target dan indikator pembelajaran dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran.

  1. REFERENSI

Arabindo, Belajar Bahasa Arab untuk Orang Indonesia

 

One comment

  1. poltekkes says:

    fantastic publish, very informative. I’m wondering why the other specialists
    of this sector do not notice this. You should proceed your writing.
    I’m sure, you’ve a great readers’ base already!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *