Peran BUMDesa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung

Oleh : Nazri Abdul Hakim /ES VIA/17402153015 (Mahasiswa yang sedang PPL/Magang di FEBI IAIN Tulungagung bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tulungagung)

foto di Agro kahayangan

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan usaha yang didirikan yang didasari oleh komitmen masyarakat desa untuk saling bekerja sama,gotong royong dan juga membangun ekonomi rakyat yang bertujuan untuk kesejahateraan dan kemakmuran masyarakat desa. Dalam Undang-undang Nomer 6 tahun 2014 tentang desa ,menjelaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahterakan masyarakat desa .

Tujuan dari BUMDesa menurut Peraturan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indoneisa Nomor 4 tahun 2015 , menjelaskan tujuan dan didirakannya BUMDesa adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan perekonomian desa
  2. Mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa
  3. Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa
  4. Mengembangkan rencana kerja sama antar desa/pihak ketiga
  5. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga
  6. Membuka lapangan pekerjaan
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa
  8. Meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa

lokasi bumdesa sinar mulyaMenurut data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Tulungagung telah berdiri 197 BUMDesa dan sekitar 128 BUMDesa yang masih aktif, yang salah satunya adalah BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo. BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari ini beridiri sejak tahun 2015 yang alasan berdirinya karena ada intruksi dari Kementrian yang pada waktu itu mendapat bantuan dari program JALIN MATRA 2015 (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) sebesar Rp.100.000.000,00 yang diperentukkan untuk membuka usaha BUMDesa “Sinar Mulya” yang pertama kali yakni unit simpan pinjam.

Ada beberapa unit usaha yang sudah dijalankan oleh BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari , yakni sebagai berikut :

  1. Unit Simpan Pinjam

Unit Usaha Simpan Pinjam ini adalah unit usaha yang pertama kali dimiliki BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari . Untuk Modal Awal untuk unit usaha simpan pinjam di peroleh dari bantuan Modal JALIN MATRA 2015 yang total modalnya adalah Rp.100.000.000,00. Kegiatan usaha dari unit ini adalah memberikan pinjaman modal untuk anggota dengan bunga 1,5 % dan batas pengembalian maksimal adalah 12 bulan dan juga melayani jasa penyimpanan bagi masyarakat yang ingin menabung .

  1. Unit Susu

IMG-20180203-WA0002   Unit susu adalah usaha yang dikembangkan oleh BUMDesa Sinar Mulya Desa Mulyosari ini. Unit susu tidak dibangun oleh BUMDesa Sinar Mulya sendiri ,melainkan mendapat limpahan dari KUD Sri Wigati yang terkena kasus. Dan akhirnya diambil alih oleh BUMDesa Sinar Mulya yang modal awalnya diambil dari laba Unit Simpan Pinjam BUMDesa Sinar Mulya tahun 2016 . Kegiatan Unit susu sapi ini adalah menerima susu seger dari peternak dan menjualnya ke Pabrik Susu Nestle Kejayan Pasuruan . Setiap pagi dan sore para peternak sapi menyetorkan hasil perahan susu sapinya ke pengurus unit usaha susu BUMDesa Sinar Mulya untuk diolah lalu dan pada malamnya dilakukan proses pengiriman ke  Pabrik Nestle di Kejayan Pasuruan.

  1. Unit Jual Beli Konsentrat sapi

Kegiatan usaha yang dilakukan adalah membeli konsentrat dari Nestle dan menjualnya ke peternak .

BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari tidak berhenti berinovasi dan memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki desa Mulyosari , sekarang ini BUMDesa Mulyosri baru saja meresmikan unit usaha yang baru saja didirkan yakni :

  1. Unit Wisata Agro Kahayangan

Di unit usaha ini ada kegiatan outbond , kolam renang ,taman wisata serta kios bunga.

  1. Unit Toko

Unit usaha yang akan menyedikan bahan kebutuhan pokok dan dijual secara grosir dan eceran.

IMG-20180203-WA0004Nantinya BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari untuk kegiatan yang dijalankannya akan di pusatkan di area Agro Wisata Kahayangan.Disana akan digunakan sebagai pusat dari semua kegiatan yang ada di BUMDesa “Sinar Mulya” dari mulai kegiatan unit usaha simpan pinjam,unit usaha susu,unit usaha jual beli pakan ternak dan juga unit usaha toko .

Dari unit usaha yang dijalankan BUMDesa “Sinar Mulya mempunyai omset usaha yakni sebagai berikut :

Nama Unit Usaha Omset Per Bulan
Unit Simpan Pinjam
  1. 22.000.000,00
Unit Susu Sapi Rp.650.000.000,00
Unit Konsentrat/ pakan ternak Rp.180.000.000,00

Dari omset usaha yang diperoleh tersebut BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari sudah berhasil memberikan pembagian hasil usaha yang dilakukan BUMDesa Sinar Mulya Desa Mulyosari untuk Desa Mulyosari berupa 5% dari hasil usaha diberikan kepada desa untuk Pendapatan Asli Desa dan juga dana sosial dan pendidikan sebesar 10% dari hasil usaha yang dilakukan . Dengan  adanya pembagian hasil usaha BUMDesa untuk Pendapatan Asli Desa dan juga untuk sosial dan pendidikan ini membuktikan bahwa BUMDesa mempenuyai peran dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo ini.

Untuk Prestasi dari BUMDesa “Sinar Mulya” Desa Mulyosari memang secara tertulis masih belum mendapatkan prestasi apapun , tetapi BUMDesa “Sinar Mulya” sudah menjadi Pionir dari program keagenan BNI , yakni program KUR ( Kredit Usaha Rakyat ). Prestasi lain yang dimiliki oleh BUMDesa “Sinar Mulya” yakni menjadi 20 Desa Terbaik dalam pengelolaan BUMDesa yang diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan sebagai tempat atau wadah dan media bagi Mahasiswa untuk memperoleh pengalaman secara faktual yang ada di lapangan dan juga untuk menerapkan ilmu-ilmunya yang diperoleh dalam perkuliahan yang akan diterapkan di lapangan. Dari kegiatan PPL ini penulis menyajikan esai yang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Melalui karya esai ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :

  1. Bapak Dr.Maftukhin,M.Ag selaku rektor IAIN Tulungagung
  2. Bapak Dr.H.Dede Nurohman,M.Ag selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  IAIN Tulungagung dan selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah memberikan bimbingan dalam PPL di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung
  3. Bapak Siswahyudianto, MM selaku Kepala Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung , yang memberikan kesempatan untuk penerbitan esai ini
  4. Bapak Drs.Eko Asistono,M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung
  5. Bapak Iswahjudi,SIP,M.Si selaku dosen pamong yang memberikan arahan selama PPL di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung
  6. Teman-Teman PPL IAIN Tulungagung di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>