http://iubtt.kemenperin.go.id/ictcenter/index.php/tentang-kami

http://iubtt.kemenperin.go.id/ictcenter/index.php/tentang-kami

Salah satu strategi pengembangan industri telematika nasional diimplementasikan melalui program pengembangan pusat - pusat penumbuhan Industri telematika dalam bentuk Regional ITC Center of Excellence (RICE) dan Incubator Business Center (IBC).

Kementerian Perindustrian dalam hal ini Direktorat Industri Elektronika dan Telematika bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Universitas, BUMN, Dinas Perindustrian membangun pusat - pusat penumbuhan industri telematika.
Masing - masing RICE dan IBC memiliki arah bidang industri telematika bisa berbeda - beda sesuai kemampuan dan potensi daerah.

Regional ITC Center of Excellence (RICE)

RICE bertujuan untuk mempercepat  pengembangan industri telematika dengan memberikan dukungan bagi startup company dibidang telematika. Dengan dibentuknya RICE, diharapkan industri - industri telematika di lingkungan sekitar RICE bisa bergabung dan diharapkan RICE menjadi tempat konsultasi terhadap segala permasalahan yang dihadapi startup company dibidang telematika.

Output yang diharapkan dari berdirinya RICE di beberapa daerah yaitu dengan adanya RICE bisa mendukung startup company dibidang telematika ataupun komunitas - komunitas ICT setempat.

Bentuk bentuk program RICE antara lain
  • Kegiatan pelatihan,
  • Seminar, sosialisasi, forum komunikasi,
  • Pameran (RICE Expo),
  • Pendampingan dalam bentuk pembuatan produk prototype bagi binaan - binaan.
Namun demikian tidak menutup kemungkinan RICE memiliki kegiatan dan program sesuai kreatifitas masing - masing RICE.

Incubator Business Center (IBC)
IBC merupakan wadah untuk menumbuh kembangkan wirausaha baru di bidang telematika, khususnya yang berbasis di perguruan tinggi melalui program inkubasi.

Tujuan dari pengembangan IBC adalah sebagai sarana bagi komersialisasi riset, penciptaan lapangan kerja baru dan bentuk jalinan kerjasama antara perguruan tinggi – industri – masyarakat – Pemerintah. Sebagai salah satu wadah pengembangan industri telematika, keberadaan IBC diharapkan mampu sebagai IT solution bagi usaha UKM, melalui penyediaan software aplikasi pembukuan, aplikasi produksi, aplikasi di bidang desain produk dan pemasaran. Selain itu, menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa, membekali mahasiswa melalui pelatihan-pelatihan multimedia, menjalin kerjasama dengan UKM melalui program pendampingan dan membangun sinergi dalam upaya peningkatan daya saing produk.
Visi IBC, yaitu berusaha memadukan pembelajaran teori, praktek dan magang ke industri dan terlibat langsung dalam perancangan, pembuatan serta pemberian solusi atas permasalahan produksi.
Output IBC adalah mencetak lulusan yang siap menjalankan bisnis/usaha atau bekerjasama dengan industri dalam memberikan pelayanan jasa khususnya di bidang teknologi informasi dan membentuk kerjasama dengan industri, dimana mahasiswa dapat memperoleh pengalaman bisnis di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>