Ijarah Solusi Permodalan

IMG-20180209-WA0012Sering kali masyarakat, banyak yang memiliki usaha tetapi tidak sedikit pula yang mempunyai masalah atau kendala mengenai permodalannya. Sehingga, usaha yang dijalankan kurang lancar atau bisa berhenti. Dan masyarakat belum terlalu berani untuk mengajukan pembiayaan ke Bank atau lembaga keuangan lainnya karena mereka beranggapan dengan adanya bunga yang tinggi dan jaminan yang kurang,  jadi masyarakat enggan untuk melakukan pinjaman ke sana. Karena jaminan dalam pembiayaan merupakan sebuah tolak ukur dari pihak lembaga untuk menentukan berapa besar pembiayaan yang akan diberikan.

Maka dari itu dengan keberadaan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah masyarakat bisa melakukan pembiayaan atau pinjaman guna untuk menambah permodalan usahanya dengan sistem bagi hasil yang diterapkan karena Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah menerapkan prinsip-prinsip syariah yang islami.

Selain itu, dari sisi pihak lembaga sering timbul permasalahan anggota koperasi yang melakukan wanprestasi setelah pembiayaan diberikan. Permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh gagalnya usaha ataupun engganya anggota untuk membayar angsuran ataupun bagi hasilnya.

IMG-20180209-WA0002Salah satu lembaga keuangan yang banyak diminati masyarakat adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS). Masyarakat memilih KSPPS untuk pembiayaan. Koperasi simpan pinjam syariah memiliki dimensi yang berbeda dengan koperasi simpan pinjam konvensional. Perkembangan ekonomi syariah di dunia dan juga Indonesia yang notabene memiliki jumlah penduduk muslim sangat tinggi di sambut oleh pelaku bisnis jasa keuangan dengan mendirikan koperasi syariah. Koperasi simpan pinjam syariah adalah koperasi yang kegiatan usahanya bergerak dibidang pembiayaan, investasi, dan simpanan sesuai pola bagi hasil. Banyak berbagai produk yang ada di Koperasi Simpan Pinjam yaitu pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah, qardh, ijarah maupun jarah muntahiya bittamlik. Salah satunya adalah Ijarah Muntahiya Bittamik. Pembiayaan Ijarah Muntahiya Bittamlik adalah perjanjian sewa beli suatu barang antara pemberi sewa dengan penyewa yang diakhiri dengan perpindahan hak milik objek sewa dari pemberi sewa kepada penyewa. Masyarakat memilih pembiayaan Ijarah Muntahiya Bittamlik digunakan untuk menjalankan usahanya.

IMG-20180208-WA0029    Dari permasalahan di atas berbagai tanggapan dari karyawan KSPPS BTM Surya Madinah Cabang Pakel mengenai pembiayaan yang diberikan kepada anggota. KSPPS BTM Surya madinah hadir untuk masyarakat guna berinvestasi dan memenuhi pembiayaan untuk tambahan modal usaha, pendidikan, dan lainnya. KSPPS BTM Surya madinah memberikan kemudahan untuk anggota dalam pengajuan pembiayaan. Dengan adanya modal tambahan tersebut dan dijalankan untuk usahanya dengan baik oleh anggota. Lembaga mampu menyalurkan dana untuk bisnis kecil dan mikro dengan sifat mudah, murah dan terjamin. Selain hal tersebut KSPPS BTM Surya Madinah menilai pembiayaan macet dapat desebabkan oleh karakter anggota itu sendiri maupun hal lain seperti bencana, gagal usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>