Strategi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dalam Mengembangkan kemampuan para pelaku Industri Kecil Menengah Dalam Melakukan Pemasaran Prroduk Melalui Aplikasi Internet

 

Foto di kantorFoto bersama DPAPenulis DITA TRI AGUSTIN Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah sedang Praktik Pengalaman Lapangan di Dinas Perindustrian Tulungagung

 

Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian disebutkan bahwa “Industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan memanfaatkan sumber daya industri sehingga dapat menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri. Dalam hal ini industry kecil menengah juga sangat berperan penting terhadap pertumbuhan perekonomian suatu daerah, yang mana dengan adanya IKM juga sangat membantu pemeritah dalam hal peningkatan lapangan kerja yang pada akhirnya juga meningkatkan penyerapan tenaga kerja, sehingga menurunkan angka pengangguran, serta Peningkatan taraf ekonomi masyarakat dengan demikian juga meningkat.

Sesuai dengan otonomi daerah maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam rangka meningkatkan jumlah pendapatan para pelaku IKM maka dengan hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan memberikan wadah jaringan pemasaran online bagi IKM di Kabupaten Tulungagung. Disini para pelaku industry kecil dan menengah bisa memperkenalkan produk-produk IKM  diKabupaten Tulungagung dengan cara online.

IKM Mart Tulungagung ini bertujuan agar produk-produk IKM Tulungagung dapat dikenal dengan jangkauan yang sangat luas dengan memanfaakan teknologi internet atau “DARING”. Aplikasi yang dibuat mudah, yaitu dapat diakses melalui Hand Phone (HP) berbasis android, diharapkan para pelaku IKM maupun calon konsumen dalam memanfaatkan aplikasi ini dengan maksimal. Dengan adanya aplikasi online tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung.

IKMMART TULUNGAGUNG merupakan bentuk aplikasi khusus yang dibuat sebagai wadah jaringan pemasaran online bagi produk-produk IKM yang ada di Kabupaten Tulungagung. Dalam hal ini pihak-pihak yang terlibat didalamnya adalah masyarakat dan atau para pelaku Industri Kecil dan Menengah sebagai peserta pembinaan dalam hal memanfaatan informasi tehnologi. Pelaksanaan aplikasi IKMMART TULUNGAGUNG ini juga bermanfaat bagi banyak pihak, diantaranya :

1)      Manfaat bagi Pelaku industry kecil dan Menengah

a.       Tersedianya tempat untuk memperkenalkan produk-produk IKM

b.      Dapat membantu meningkatkan pendapatan bagi pelaku IKM

2)      Manfaat bagi Pemerintah

a.       Dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung

b.      Dapat membantu pemerintah dalam melakukan pemantauan produk IKM yang ada di Kabupaten Tulungagung dengan bantuan HP android.

Foto Serah terima cinderamataSeiring meningkatnya jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) yang berpotensi ekspor, maupun meningkatnya nilai ekspor itu sendiri. Pemasaran yang semakin luas dengan adanya promosi dan misi dagang juga telah dirasakan oleh para pelaku industri, apalagi dengan adanya inovasi pemasaran melalui jaringan internet (DARING). Proses pemasaran yang sebelumnya hanya dilakuakn dengan menggunkan sarana pameran disini dengan adanya Teknologi Internet ini dapat digunakan sebagai media pemasaran yang efektif, dengan jangkauan yang sangat luas dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu para pelaku industri kecil dan menengah harus memanfaatkannya sebagai sarana untuk meningkatkan jangkauan pasar, baik tingkat nasional maupun internasional.

Berdasarkan beberapa hal diatas tersebut maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait dengan pemanfaatan internet oleh pelaku IKM sebagai media pemasaran bagi produk-produk IKM tersebut. Sesuai dengan otonomi daerah maka Dinas perindustrian dan perdagangan mempunyai program yaitu pembuatan Aplikasi website yang bernama “ IKM MART TULUNGAGUNG “ yang ditujukan bagi para pelaku IKM, selain itu bidang sistem informasi industri dan perdagangan juga melakukan pelatihan terkait Aplikasi IKMMART TULUNGAGUNG bagi para pelaku IKM tersebut.

Adapun tujuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten tulungagng membuat Aplikasi IKM MART TULUNGAGUNG ini yaitu untuk, (1) Mempermuhan bagi pelaku Industri dalam melakukan pemasaran produknya, (2) Menjadi wadah jaringan pemasaran online bagi IKM di Kabupaten Tulungagung, (3) Membantu memperluas jaringan pemasaran produk-produk IKM, dan (4) Dapat membantu meningkatkan jumlah pendapatan bagi para pelaku IKM. Dengan adanya aplikasi online tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik meakukan penetitian terhadap Pengembangan kemampuan pelaku IKM dalam melakukan pemasaran produk menggunakan Aplikasi IKMMART TULUNGAGUNG.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>