STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA INDUSTRI MEBEL PANDAWA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESANAN DI DESA KENDALREJO

IMG_20200915_202945

 

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ekonomi Syariah

 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh

DESINTA NUR RISKY SUBEKTI

NIM. 12402173398

Dosen Pembimbing Lapangan

Mochammad Faizun, M.Pd.I.

 

JURUSAN EKONOMI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG 

Industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri. (UU RI No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian). Salah satu industri yang berkembang di Indonesia adalah industri mebel, dimana industri mebel, merupakan industri yang mengolah bahan baku atau bahan setengah jadi, dari kayu, rotan, dan bahan baku alami lainnya menjadi produk barang jadi mebel atau furniture yang mempunyai nilai tambah dan manfaat lebih tinggi.

Sebuah usaha kecil menjadi usaha yang besar tentu membutuhkan proses yang tidak mudah. Oleh sebab itu, mendirikan usaha harus memiliki dasar strategi mendirikan usaha. Namun, tidak semua bisa berkembang dari strategi yang direncanakan. Strategi bisa diibaratkan dengan pondasi awal untuk sebuah bangunan. Jika pondasi itu kuat dan mampu sesuai dengan lingkungan, maka bangunan itu akan tetap kokoh berdiri tinggi dan semakin tinggi. Apabila strategi yang dimiliki benar-benar bagus, maka sebuah usaha akan mampu berkembang.

Perencanaan strategi dalam usaha sangatlah penting dibutuhkan karena strategi adalah arah yang akan dijalani untuk memulai sebuah usaha. Strategi pemasaran merupakan salah satu dalam perencanaan strategi yang digunakan untuk memasarkan produk sesuai dengan target yang telah diterapkan. Strategi pemasaran tersebut memuat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan sebuah industri dalam mempertahankan dan memperluas pasar atau konsumennya. Fungsi pemasaran melibatkan hampir seluruh fungsi pada sebuah industri dalam menjalankan kegiatannya, oleh sebab itu sebuah industri harus mampu menciptakan suatu produk yang benar-benar dapat memenuhi permintaan konsumen, tersedia pada saat yang dibutuhkan, dapat diperoleh dengan harga yang wajar dan dengan komunikasi yang jelas sebelumnya baik melalui iklan maupun pendekatan-pendekatan lainnya.

Oleh karena itu semakin baik strategi pemasaran yang dilakukan maka akan semakin menjamin kelangsungan hidup industri tersebut dan dapat menentukan laju pertumbuhan. Selain dari pada itu strategi pemasaran merupakan alat yang dipergunakan industri dalam rangka mencapai tujuan industri melalui pemasaran produk-produknya. Dimana industri harus memilih sebuah target market dan melaksanakan strategi pemasaran untuk setiap target market yang dipilih dan perlu pula diperhatikan bagaimana pengeluaran untuk biaya pemasarannya. Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, dan elemen bauran pemasaran (Mulyadi, 2005: 13).

Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat menjadikan media sosial sebagai media yang tidak semata-mata digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi saja, karena kini banyak industri tertentu yang menggunkan media sosial sebagai media untuk berbisnis, publikasi, pemasaran, dan promosi barang dagangan. Strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial akan lebih efektif sebab media sosial memberi identitas suatu produk yang dipasarkan, serta menyerbarkan pesan yang langsung diterima oleh konsumen secara santai dan komunikatif, serta memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas.

Selengkapnya>>LAPORAN PPL DESINTA<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>