STRATERGI PEMASARAN USAHA IKAN HIAS GUNA MENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA KARANGREJO KECAMATAN BOYOLANGU

WhatsApp Image 2020-09-15 at 20.48.50

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ekonomi Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

 

Oleh

ALFI MASRUKHAN

NIM. 12402173207

 

Dosen Pembimbing Lapangan

Syamsul Umam, S.H.I., M.H.

 

 

JURUSAN EKONOMI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Ikan hias merupakan jenis ikan yang mempunyai daya tarik tersendiri baik warna, bentuk  maupun tingkah lakunya yang begitu unik.  Disamping itu, ikan hias mempunyai nilai artistik yang tinggi bagi penggemarnya.  Ikan hias dapat dinilai dari segi keindahannya yang memberikan rasa puas dan damai dalam jiwa. Perkembangan produksi budidaya ikan hias Indonesia juga telah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Potensi ekspor ikan hias sendiri ditaksir sebesar 60 – 65 juta dolar AS (sekitar Rp. 600 miliar) setiap tahunnya.

Potensi kekayaan ikan hias yang berlimpah dan kondisi alam yang mendukung ini membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan ekspor non migas utamanya sebagai pengekspor komoditas ikan hias terbuka lebar.  Hal ini dapat dibuktikan adanya kenaikan total produksi maupun nilai yang diperoleh. Perkembangan dunia ikan hias Indonesia sekarang semakin berkembang pesat, ditandai dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap ikan hias.

Kegiatan budidaya ikan hias yang dilakukan, mencakup pembenihan dan pembesaran yang masing-masing memegang peranan sangat penting. Akhir dari semua usaha budidaya ikan hias adalah profit atau keuntungan. Dengan kata lain ikan hias menjadikan komoditi perdagangan karena aspek keindahan. Gerakan ikan hias umumnya lembut khas dengan perpaduan tanaman dan pendukung lainnya akan selalu menarik minat konsumen, khususnya yang memiliki pendapat yang relatif tinggi.

Selengkapnya>>>>LAPORAN PPL_Alfi Masrukhan_12402173207

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>