ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TIKET PADA CV RIVAI JAYA MOJO KEDIRI

fiks 16

 

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH

 

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TIKET PADA CV RIVAI JAYA MOJO KEDIRI

 

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

 

Oleh:

Putri Dina Hapsari NIM. 12403173098

 

Dosen Pembimbing Lapangan: Ahmad Syaichoni, M.Sy

 

JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG 2020

 

 

  1. A.     Dasar Pemikiran

 

 

BAB I PENDAHULUAN

 

Perkembangan yang sangat pesat di bidang teknologi informasi, ekonomi, sosial budaya maupun politik akan sangat mempengaruhi kondisi persaingan di dalam dunia bisnis, dimana kondisi tersebut semakin lama akan semakin meningkat. Dengan adanya globalisasi juga akan memicu para pelaku bisnis untuk melakukan tindakan untuk memperbaiki dan juga untuk meningkatkan kualitas usahanya agar semakin efektif dan juga efisien khususnya dalam bidang penjualan dalam laporan tersebut. Menurut Sujarweni (2015:79) “penjualan” diartikan sebagai “suatu sistem pokok perusahaan untuk memperjual - belikan barang dan jasa yang perusahaan hasilkan”. Sujarweni (2015:15) juga menyebutkan terdapat beberapa jenis penjualan yang terjadi dalam suatu perusahaan baik berupa perusahaan dagang maupun jasa, diantaranya adalah:

  1. Penjualan Tunai1

Penjualan barang ataupun jasa dengan metode pembayaran cash atau langsung di bayar begitu barang diterima ataupun diserahkan.

  1. Penjualan Kredit

Penjualan barang ataupun jasa dengan metode pembayaran tempo atau menunda pembayaran. Di dalam era globalisasi seperti sekarang ini, banyak hal yang mengharuskan perusahaan untuk memiliki sistem informasi yang dapat mengolah sebuah data untuk dijadikan sebuah informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan tersebut. Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang sesuai akan dapat membantu mempermudah kegiatan dalam perusahaan tersebut.

Kemajuan juga terjadi di dunia transportasi, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya alat transportasi yang dapat membantu manusia untuk menghemat waktu untuk mencapai tempat yang di tuju. Semakin tinggi.

minat masyarakat yang berkaitan dengan transportasi, maka kebutuhan akan informasi yang memadai sangat di perlukan di bagai bidang usaha,salah satunya di perusahaan yang bergerak di bidang Tour and Travel. Pada umumnya, perusahaan tersebut tidak banyak memiliki informasi khususnya pada bagian penjualan, dimana pada bagian penjualan merupakan pilar utama dari sebuah perusahaan, hal ini disebabkan karena disebabkan karena penjualan merupakan sumber terjadinya pendapatan. Sistem informasi akuntansi penjualan merupakan salah satu sub sistem akuntansi yang menjelaskan bagaimana seharusnya prosedur dalam melakukan kegiatan dari suatu proses.

selengkapnya>>>> REVISI 2 LAPORAN_PPL_PUTRI_DINA_HAPSARI AKS (080)-converted (1)<<<<<

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>