ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENARIK MINAT MASYARAKAT DESA GELAM UNTUK BEGABUNG MENJADI BAGIAN DARI ANGGOTA KOPERASI WANITA ‘KHODIJAH’

IMG-20200827-WA0003

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir
Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

 

Oleh :
DIAN ARIEF PRATDIPTA
NIM. 12401173221

 

Dosen Pembimbing Lapangan:
Sri Dwi Estiningrum, SE.Ak.,M.M
NIP. 19720908 200710 2 001

 

    JURUSAN PERBANKAN  SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN TULUNGAGUNG

Secara umum, pengertian minat adalah perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan. Minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu. Minat bersifat pribadi (individual). Artinya, setiap orang memiliki minat yang bisa saja berbeda dengan minat orang lain. Minat berkaitan erat dengan motivasi seseorang, sesuatu yang dipelajari. serta dapat berubah-ubah tergantung pada kebutuhan, pengalaman, dan mode yang sedang trend, bukan bawaan sejak lahir. Ada beberapa pengertian minat menurut beberapa para ahli, yaitu :

  1. Menurut Sumadi Suryabrata, minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu hal diluar dirinya. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut semakin besar minatnya.
  2. Menurut T. Albertus yang diterjemahkan Sardiman A.M, minat adalah kesadaran seseorang bahwa suatu obyek, seseorang, suatu hal maupun situasi yang mengandung sangkut paut dengan dirinya.
  3. Menurut Hilgard yang dikutip oleh Slameto, minat adalah kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan terus menerus dengan rasa senang.
  4. Menurut Holland mengatakan bahwa minat adalah kecendrungan hati yang tinggi terhadap sesuatu.

Dari pengertian minat di atas dapat disimpulan bahwa minat bukanlah sesuatu yang statis atauberhenti, tetapi dinamis dan mengalami pasang surut. Minat juga bukan bawaan lahir, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari. Artinya, sesuatu yang sebelumnya tidak diminati, dapat berubah menjadi sesuatu yang diminati karena adanya masukan-masukan tertentu atau wawasan baru dan pola pemikiran yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>