ANALISIS PERAN BADAN KREDIT DESA DURENAN TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK

IMG-20200921-WA0021

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir
Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung
Oleh:
RISKA HALILINIKMAH
NIM. 12401173170
Dosen Pembimbing Lapangan
Sri Dwi Estiningrum, S.E., Ak.,M.M., C.A.
NIP. 19720908 200710 2 001
JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

Lembaga keuangan merupakan badan usaha atau instansi di bidang jasa keuangan yang bergerak dengan cara menghimpun dana dan menyalurkan dari masyarakat. Lembaga keuangan terdiri dari lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank. Dalam operasionalnya terdapat lembaga keuangan non bank yang dikelola oleh Pemerintah Desa yng masuk dalam program BUMdes. Sejak awal dibentuknya program BUMDes sampai saat ini oleh pemerintah, masih banyak desa yang bingung mengembangkan BUMDes-nya. Hal ini disebabkan salah satunya oleh minimnya pemahaman masyarakat mengenai BUMDes, bahkan di tingkat Kepala Desa masih banyak yang tidak yakin BUMDes menciptkan manfaat ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Sebagai program pemerintah  BUMDes ini belum dijalankan secara efektif oleh beberapa desa. Bahkan hanya desa tertentu saja yang dapat menjalankan program tersebut, kondisi geografi juga mempunyai pengaruh besar terhadap akses informasi mengenai BUMDes misal desa-desa di wilayah kepulauan terpencil. Kendala lain yaitu kualitas sumberdaya manusia atau (SDM) juga menjadi agenda yang menghambat perkembangan BUMDes. Tingkat pendidikan sebagian Kepala Desa dan para perangkat desa adalah salah satunya. SDM menjadi hal yang sangat penting dalam mempengaruhi program ini dan untuk merumuskan kebijakan ekonomi di Desa.

Salah satu Unit Usaha BUMDes yaitu BKD (Badan Kredit Desa). Dari beberapa Desa di kabupaten Trenggalek Desa Durenan merupakan salah satu desa yang sudah menjalankan program BUMDes.Desa ini mempunyai program BUMDes dengan membentuk dan menjalankan lembaga keuangan Desa yang berguna untuk membantu kesejahteraan ekonomi di Desa Durenan. Dalam operasionalnya BKD melakukan kegiatan simpan pinjam kepada seluruh masyarakat Desa Durenan dalam rangka membantu mengembangkan usaha melalui produk-produk yang ada di BKD. Produk yang dijalankan berupa pinjaman mingguan, bulanan, dan musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>