ANALISIS PROSPEK DAN PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PEMANFAATAN MODAL USAHA DARI BANK PADA USAHA DAGANG CAHAYA MAKMUR NIZAM KEDIRI

 

C373E80C-4C18-4A99-90C3-34602FF3B54D

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh:

QURROTA A’YUNI AMANAT

NIM. 12401173285

 

Dosen Pembimbing Lapangan

Sri Dwi Estiningrum, SE.Ak.,M.M

 

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

2020

UMKM Pak Marni Mebel (UD. Cahaya Makmur Nizam) merupakan usaha yang bergerak dibidang furniture rumah tangga dengan bahan baku utama adalah kayu. Furniture yang terbuat dari bahan kayu ini akan diolah menjadi perabotan rumah tangga, contohnya meja, kursi, lemari, pintu, jendela dan lain sebagainya. Kualitas furniture yang dijanjikan oleh pemilik sangat terjamin, karena dalam pemilihan kayu yang menjadi bahan baku utama dipilih sendiri oleh pak sumarni. UMKM Pak Marni Mebel (UD. Cahaya Makmur Nizam) merupakan usaha keluarga yang pengelolaannya dipengang langsung oleh pemilik.

Selama mendirikan usaha ini, pak sumarni sudah berkecimpung di dunia furnitur kayu selama kurang lebih 25 tahun, yang mana beliau sudah sangat berkengalaman dalam mempertahankan usahanya ditengah-tengah para persaing dan pendatang baru. Oleh karenanya pak sumarni paham betul strategi yang diciptakan untuk menjaga kualitas serta kepercayaan konsumen selama kurang lebih 25 tahun tersebut. Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pak sumarni selama ini dapat dianalisis dari pernyataan beliau bahwa lingkungan internal dan lingkungan eksternal menjadi pacuan penilaian keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan usaha.

Dalam mendukung strategi pengembangan usaha yang diterapkan oleh UMKM Pak Marni Mebel (UD. Cahaya Makmur Nizam) adalah strategi pengembangan pasar. Langkah-langkah yang biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam mendukung pengembangan strategi adalah:

  1. Memperluas cakupan pasar perusahaan

  2. Menigkatkan kapasitas produksi dan layanan perusahaan

  3. Meningkatkan modal kerja perusahaan untuk kebutuhan perluasan pasar

  4. Meningkatkan efisiensi biaya operasional perusahaan

  5. Meningkatkan produktivitas karyawan dalam pembuatan produk furniture.

Selengkapnya...LAPORAN AKHIR PPL 2020 (Qurrota A'yuni Amanat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>