Pengaruh Pengelolaan Zakat sebagai Pemeberdaya Ekonomi dan Kesejahteraan Umat Di Kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung

                         WhatsApp Image 2020-09-18 at 19.10.56                                                 

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Zakat Dan Qawaf

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

Oleh

DEWI NOVITASARI

NIM. 12404173026

            Dosen Pembimbing Lapangan

                                                                        Moh. Rois Abin,M.Pd.I

  JURUSAN MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Zakat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam, sebagai sebuah kewajiban zakat selalu di sebut dalam Al-Qur’an tidak kurang dari 72 kali, bahkan Zakat menjadi salah satu alasan ( dalil) Khalifah Abu Bakar untuk memerangi kaum muslimin yang tidak membayar zakat atau memisahkan antara keduanya (zakat dan sholat).

Zakat merupakan nilai instrumental yang dapat mengentaskan kemiskinan karena masih banyak lagi sumber dana yang dapat dikumpulkan seprti shodaqoh, infaq, waqaf dan hibah serta sejeninsnya. Sumber dana itu merupakan perantara keagamaan yang memiliki ikatansecara fungsional, dana yang terkumpul merupakan potensi besar yang dapa diberdayagunakan bagi upaya penyelamatan nasip miskin di Indonesia yang di lindungi oleh program jaminan nasional yang kurang baik.

Dalam berbagai riset dan kajian, zakat juga dianggap sebagai salah satu solusi bagi penegntaskan kemiskinan di Indonesia, para pakar dan ahli juga sepakat secara normatif-teologis, zakat memiliki kedudukan yang sangat penting zakat juga diakui semacam harapan dan ekspektasi dikalangan umat Islam sebaai salah satu “Obat Mujarab” bagi kemajuan dan kesejahteraan umat. Secara historis-empiris ekspektasi bahwa zakat menjadi solusi mua persolan umat terdapat empat aspek yang harus di pecahkan.

selengkapnya>>>Word.Lap.PPL Dewi Novita 1111-dikonversi>>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>