PERAN KOPERASI WANITA LATULIP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN UMKM DI DESA KEPEL

WhatsApp Image 2020-09-21 at 16.07.38

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Oleh:

Eka Prastiyaningsih

NIM: 12401173183

Dosen Pembimbing Lapangan

 

Sri Dwi Estiningrum, SE.Ak.,MM

NIP. 197209082007102001

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

Dalam sebuah koperasi kesejahteraan semua anggota menjadi prioritas utama karena kesejahteraan anggota merupakan tujuan koperasi. UU No. 25 Tahun 19992 tentang perkoperasian pasal 3 yang berbunyi: koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, danmakmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.  Koperasi merupakan salah satu sektor jasa yang dapat mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional serta membangun jiwa berorganisasi bagi masyarakat.

Saat ini dunia termasuk indonesia sedang dilanda oleh pandemi covid-19 yang mengakibatkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan hingga terancam jiwanya. Penggangguran ini bisa disebabkan karena jumlah konsumen yang menurun drastis, sehingga diharuskan menggurangi para pekerja demi keberlangsungan usahanya karena tidak mampu untuk membayar gaji para pekerja. Oleh karena itu jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan. Dari zaman dulu hingga saat ini penggangguran selalu menjadi masalah utama dalam perekonomian karena banyaknya penggangguran mengurangi  pendapatan masyarakat sehingga mengakibatkan timbulnya kemiskinan.

Setiap desa memiliki harapan untuk menjadi desa yang maju dengan menggali potensi desa agar berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Koperasi berpotensi mengerakan perekonomian masyarakat desa, sama halnya dengan Koperasi Wanita Latulip yang ada di Desa Kepel yang bertujuan terciptanya lembaga ekonomi dan sosial yang mampu menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota. Koperasi Wanita Latulip Desa Kepel berpotensi mengerakan perekonomian masyarakat Desa Kepel dengan mengasah kemampuan, kekuatan dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh anggota Koperasi Wanita Latulip Desa Kepel untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran yang banyak dialami oleh masyarakat Desa Kepel. Sesuai dengan hasil temuan dilapangan bahwa ditemukan banyak masyarakat yang memiliki usaha kecil yang baru berjalan maupun sedang berkembang, namun tidak bisa dipungkiri banyak diantara pelaku usaha atau UMKM yang masih mengalami kendala, kendala yang paling utama yaitu kurangnya modal. Oleh karena itu peran Koperasi Wanita Latulip Desa Kepel memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Kepel.

Berdasarkan paparan masalah di atas tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Koperasi Wanita Latulip dalam upaya meningkatkan kesejahteraan UMKM di Desa Kepel.

selengkapnya

LAPORAN PPL PS-EKA PRASTIYANINGSIH-12401173183

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>