Peran Pihak Ketiga (Leasing) Dalam Transaksi Kredit Mobil Bekas di UD. Alan Motor Kamulan Trenggalek.

IMG_20200902_092208_compress92

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh :

SEKAR AYU APRILLIANA PUTRI

NIM. 12401173307

Dosen Pembimbing Lapangan

SRI DWI ESTININGRUM, SE., AK., M.M., C.A

NIP. 197209082007102001

 

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

2020

Dalam suatu usaha bisnis pastinya mempunyai sistematika yang berbeda-beda, hal ini dilakukan demi keberhasilan suatu usaha dan memperhitungkan baik dan buruknya, serta mempersiapkan solusi apabila suatu saat mengalami hambatan dalam usahanya, terlebih lagi ketika melibatkan nominal yang cukup besar harus mempetimbangkan untung dan ruginya pula. Seperti halnya di Showroom UD. ALAN MOTOR di desa Kamulan ini, adalah umkm yang bergerak di dalam jual beli mobil bekas yang melibatkan pihak perbankan dalam usahanya, yaitu Leasing dimana pengertian Leasing itu sendiri, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI. No. 1169/KMK/1991, adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal untuk digunakan perorangan atau badan usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Praktik Pengalaman Lapangan di UMKM tersebut memiliki tujuan utama yaitu observasi di Showroom UD. ALAN MOTOR, karena biasanya menggunakan system kredit, pengertian formal dari kredit itu sendiri adalah penyedia uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga, namun untuk cara pembiayaan di showroom tersebut menggunakan leasing dan pemiliknya sendiri menawarkan sistem Leasing untuk disetiap penjualan atau transaksinya, karena pada dasarnya setiap usaha yang memiliki permodalan besar pasti akan menggunakan jasa perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>