Analisis Peran Kredit Usaha Rakyat Bri Unit Modo Terhadap Umkm Di Desa Pule Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan

IMG_20200922_141037

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir
Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Oleh
IDHA DEWI NI'MATURROHMAH
NIM. 12401173182
Dosen Pembimbing Lapangan
Sri Dwi Estiningrum, SE, Ak., MM, CA
NIP. 197209082007102001

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN TULUNGAGUNG

UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha disemua sektor ekonomi. Dapat diakui bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di Indonesia, UMKM sangat penting terutama sebagai sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan. Fakta ini menunjukkan bahwa kesempatan kerja yang ditemukan oleh kelompok usaha kecil tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tenaga kerja yang diserap oleh usaha besar. Karena itu, UMKM sangat diharapkan untuk bisa terus berperan secara optimal dalam menanggulangi pengangguran yang meningkat cenderung setiap tahun. Dengan banyaknya tenaga kerja, berarti UMKM memiliki peran strategis dalam upaya pemerintah mengurangi kemiskinan di Indonesia.
Peran Lembaga keuangan sangat penting untuk membantu pelaku usaha mikro yang kesulitan dalam penggandaan modal. Diharapkan para pelaku pengusaha kecil bisa terbantu oleh pinjaman modal dari lembaga-lembaga keuangan yang menyediakan kredit khusus untuk mengatasi keterbatasan modal mereka. Karena salah satu kunci penting dalam melakukan kegiatan bisnis adalah modal, tanpa modal yang cukup maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik.
Selengkapnya >>> LAPORAN_PPL_IDHA DEWI N_12401173182 <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>