Peran UD Sumber Rejeki Gipang Krisna Jepun Tulungagung Bagi Masyarakat

IMG_8921

 

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh

 RENITA  EVI RAHAYU

NIM. 12402173477

 

Dosen Pembimbing Lapangan

SISWAHYUDIANTO, M.M.

NIDN. 201506 8 402

 

JURUSAN EKONOMI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Kewirausahaan merupakan kegiatan atau aktivitas dalam meciptakan suatu  produk dengan mengandalkan inovasi dan kreativitas, hasil produk yang telah di ciptakan oleh seorang wirausahawan dapat terus dikembangkan sehingga produk tersebut dapat di jual sehingga mampu menghasilkan keuntungan. Produk yang dihasilkan tentunya harus memperhatikan nilai estetika agar memiliki daya tarik sehingga mampu menarik perhatian konsumen. Nilai estetika yang dapat diperhatikan yaitu mulai dari cita rasa produk, merk, desain kemasan baik dari segi bentuk dan warna. Dalam penjualan produk juga harus memperhatikan target pasar yang akan dibidik karena setiap konsumen memiliki selera atau minat yang berbeda, dalam menentukan harga produk tersebut juga harus memperhatikan lokasi tempat distribusi tersebut agar sesuai dengan daya beli masyarakat tersebut, karena jika kita menjual produk pada lokasi yang tidak tepat maka akan dapat dipastikan produk tersebut tidak laku dijual di lokasi tersebut. Contoh misalkan perusahaan minuman dari caffe Starbuck ingin membuka franchise baru, dan mereka membuka caffe starbucks tersebut di daerah pedesaan, tentu saja caffe starbuck tersebut akan sepi pembeli karena nilai jual atau harga yang tidak sesuai dengan kantong mereka karena caffe starbuks terkenal dengan harga produk yang dijualnya terlalu mahal. Oleh karena itu memperhatikan bidik dalam menentukan lokasi penjualan produk tersebut sangat penting.

Dalam mengembangkan suatu usaha dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti meningkatkan kinerja setiap saat, meingkatkan promosi, meningkatkan sumber daya yang ada, memahami kompetitor bisnis, melakukan perluasan jaringan bisnis, dan mengutamakan pelayanan terhadap konsumen. Meningkatkan kinerja bisa dilakukan dengan cara terus mengembangkan inovasi produk yang dimilikinya. Meningkatkan promosi bisa dilakukan melalui media massa, media cetak, atau promosi sosial media dan media lainnya yang potensinya dapat menarik dan merambah ke berbagai kalangan sehingga bisa menambah jumlah konsumen. Meningkatkan sumber daya yang ada bisa dimulai dari SDM yang kompeten, produk yang ditawarkan, dan alat-alat operasional yang digunakan. Sumber daya yang diolah dengan baik dapat membantu pengelolaan usaha semakin maju. Memahami kompetitor juga perlu di perhatikan karena jika kita memahami kompetitor kita dengan baik makan kita dapat  menawarkan atau menghasilkan produk yangtentunya lebih baik dari pada kompetitor kita. Melakukan perluasan jaringan dapat membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita, kita dapat menjalin kerjasama dengan reseller atau kita dapat membuka franchise atau cabang di beberapa kota. Yang terakhir kita harus memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen kita karena kepuasan konsumen atau pelanggan dapat mempengaruhi daya beli.

Selengkapnya>>>RENITA EVI RAHAYU_12402173477_LAPORAN_PPL<<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>