Analisis Peranan Akuntansi Pada Badan Usaha Milik Desa “ARUM” Desa Sukorejo Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

Dokumentasi PPL

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Akuntansi Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh:

DWI RAHAYU

NIM: 12403173161

Dosen Pembimbing Lapangan:

Dr. QOMARUL HUDA, M.Ag

NIP. 19734142003121003

JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Desa Sukorejo merupakan salah satu desa yang padat penduduk daripada desa lain di Kecamatan Sudimoro, memiliki sekitar 2000 warga. Wilayah Desa Sukorejo. Wilayah Desa Sukorejo bermacam­macam, mulai dari wilayah pesisir, wilayah dataran, wilayah pegunungan. Maka dari itu sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Sukorejo adalah Petani. Dimana pada dataran rendah bertani padi, jagung, kedelai, pisang, dan ada juga yang berternak ayam. Di wilayah pegunungan masyarakat bertani cengkih, kelapa, buah, ketela dan sebagian besar berternak sapi/kambing. Namun sejak di bangunnya PLTU PJB di pesisir laut Desa Sukorejo yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kecamatan Sudimoro khususnya Desa Sukorejo. Ada pula yang mendirikan warung dan tempat usaha seperti selep padi yang hamper di setiap Dusun ada. Setiap RT juga mengadakan arisan secara rutin untuk menabung dan membantu perekonomian.

Untuk meningkatkan kemampuan keuangan Pemerintah Desa dalam menyelenggarakan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan serta pengembangan potensi dan kekayaan desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat, didirikan dan dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai kebutuhan dan potensi dasar. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini diberi nama BUMDes Arum. Arti pemberian nama ‘ARUM’ adalah Aman, Rukun, Makmur. Makna dari nama BUMDes tersebut adalah agar seluruh masyarakat Desa Sukorejo senantiasa menjaga keamanan, kerukunan sehingga tercipta kemakmuran.

Selengkapnya> >>12403173161_DWI RAHAYUI LAPORAN PPL GEL 3<<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>