Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir
Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung
Oleh
ZUHRIA MIFTAHUL AZIZAH
NIM 12405173168
Dosen Pembimbing Lapangan
Dr. Sutopo, M.Pd.
JURUSAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN TULUNGAGUNG
2020
Keberadaan internet telah memudahkan segala urusan manusia. Termasuk berjualan. Dengan internet, penjual bisa mempromosikan barang dagangan mereka kepada banyak orang sekaligus. Sehingga memungkinkan untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia.
Situasi tersebut tentu saja merupakan peluang. Para penjual konvensional yang semula hanya memiliki pembeli yang berasal dari kota/daerah tempat berdirinya toko, kini berkesempatan memiliki calon-calon pembeli baru dari luar daerah. Bahkan dari seluruh Indonesia.
Namun faktanya, banyak penjual online pemula yang gagal menarik calon pembeli. Mereka telah menawarkan produk setiap hari ke media-media sosial. Namun jumlah calon pembeli yang datang tidak sebanding dengan kerja keras mereka.
Penulis sering melihat promosi-promosi di media sosial, namun hanya satu atau dua orang yang yang tertarik dan bertanya tentang produk tersebut di kolom komentar. Bahkan penulis juga sering menjumpai promosi-promosi yang tidak ada like maupun komentar.
Di sisi lain, ada juga penjual online yang promosinya sering berhasil mendatangkan banyak calon pembeli. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar pada konten promosinya. Di kolom komentarnya, banyak pertanyaan-pertanyaan tentang produk si penjual.
Salah satu penjual online yang konten promosinya sering mendatangkan banyak calon pembeli adalah Lathifa Shop. Beruntung sekali, Lathifa Shop bersedia dan suka rela membagikan ilmunya tentang konten promosi mereka. Maka dari itulah penulis memilih Lathifa Shop sebagai lembaga tempat analisa strategi konten promosi untuk menarik calon pembeli.
Selengkapnya >>> ZUHRIA MIFTAHUL AZIZAH_MBS_12405173168 <<<