“STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM ( HOME INDUSTRI ) KERIPIK KEMBAR SAAT PANDEMI COVID 19”

WhatsApp Image 2020-11-24 at 18.51.46

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh

AKHMAD AFRILAL MAKHBUBY

NIM. 12405173121

Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Sutopo, M.Pd.

NIP. 197805092008011012

JURUSAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

2020

Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) dari waktu ke waktu mengalami perkembangan bagus. Para pelaku bisnisnya pun menghasilkan jenis produk yang beragam. Usaha Mikro  kecil Menengah menjadi salah satu terobosan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah Pandemi Covid 19. Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) menjadi penopang perekonomian Indonesia, karena membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat. Kemandirian masyarakat seperti para pelaku bisnis UMKM ini diharapakn akan mampu mengurangi angka pengangguran jika melihat fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbatas dengan jumlah tenaga kerja yang belum terserap terus bertambah dan juga ditambah dengan adanya Pandemi Covid 19 ini.  Banyak  PHK dimana mana, sehingga angka pengangguran semakin meningkat.

Keberadaan para pelaku bisnis UMKM memberikan andil yang cukup signifikan bagi pembangunan perekonomian khususnya pada masa Pandemi. Seperti halnya dapat mengurangi tingkat pengangguran yang sedang terjadi pada masa pandemi. Masyarakat bisa lebih kreatif untuk mengembangkan skillnya untuk membuat produk produk yang dinginkan dan memiliki nilai jual. Untuk itu Diharapkan perkembangan bisnis UMKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang stabil. Namun, pada musim Pandemi Covid 19 ini banyak rintangan yang dirasakan oleh banyak pelaku bisnis UMKM ini. Mulai dari proses pembuatan produk hingga pemasaran produk.

selengkapnya >>>AKHMAD AFRILAL M_MBS_12405173121 <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>