DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK ES DOGER PARAHYANGAN DESA CIBUNTU KECAMATAN CIBITUNG KABUPATEN BEKASI

WhatsApp Image 2020-11-25 at 08.34.48

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN TULUNGAGUNG

Oleh

Nawilatul Fauziah Maulida
NIM. 12402173219

 

Dosen Pembimbing Lapangan

Lantip Susilowati, S.Pd., M.M.
197711122006042002

JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN TULUNGAGUNG
2020

Industri es krim di Indonesia kini masih terus berpeluang untuk meningkatkan pertumbuhannya karena terus mengalami peningkatan dalam konsumsi perkapita seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap makanan dan minuman yang sehat. Seperti usaha es doger merupakan sajian kuliner minuman khas Indonesia yang sudah sangat popular. Es doger memiliki cita rasa yang enak dan segar sehingga menjadikan minuman ini banyak dinikmati para pecinta es.

Es doger sudah banyak ditemui di pinggiran jalan dan biasanya sering ditemui didepan sekolahan. Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa barat. Namun di daerah Bekasi juga sudah sering ditemui. Walaupun es doger juga berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia seperti: Jakarta, Bekasi, Malang, dan Surabaya. Es doger pertama kali dicetuskan oleh orang sunda, tepatnya orang Garut yang merantau di Jakarta.

Pertama si tukang es doger ini jualan dengan cara digendong maksudnya yaitu dipikul, akan tetapi dalam prakteknya jualan dengan cara seperti ini lebih capek dan kebetulan tidak laku-laku. Lalu si penjualan es doger ini mempunyai ide berjualan es dengan gerobak yang didorong. Kemudian diapun mencetuskan nama es ini dengan diberi nama yaitu ES DOGER alias Es Dorong Gerobak.

Walaupun es doger ini katanya dari idenya orang sunda tapi es doger ini termasuk aneka minuman yang populer di Betawi, Jakarta. Es doger ini juga masuk ke dalam website Lembaga Kebudayaan betawi. Es doger itu sendiri merupakan minuman yang dibuat menggunakan es serut yang dicampurkan dengan santan yang matang, ditambahkan sirup dan juga serutan kelapa muda.

Dalam penyajian es doger biasa disajikan menggunakan ketan hitam, tape singkong, pacar cina yang direbus, roti tawar dan taburan susu kental manis. Untuk menambah kenikmatan es doger biasanya bisa ditambahkan dengan buah alpukat, buah nangka dan juga buah melon. Jika ingin membuat es doger dan mengiginkan kualitas hasil es terbaik, maka dapat menggunakan buah kelapa muda dengan daging yang tebal, juga dengan ketan hitam dan tape singkong dengan pilihan yang segar.

selengkapnya

Nawilatul Fauziah Maulida Revisii Laporan PPL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>