ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERMINTAAN PRODUK MINUMAN KESEHATAN ALAMI MILIK KELOMPOK WANITA TANI “BIMA SAKTI” KELURAHAN BENDO KOTA BLITAR

rsz_whatsapp_image_2020-11-30_at_104445

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

 

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

 

Oleh:

 

HENY RAHMATUL CHOLIFAH

 

NIM. 12406173087

 

 

 

Dosen Pembimbing Lapangan

 

DR. MASHUDI, M.Pd.I.

 

NIP. 196901312001121003

 

 

 

MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

 

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

 

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

 

TAHUN 2020

Pertumbuhan  ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adanya usaha kecil atau usaha rumahan. Usaha kecil berperan penting dalam upaya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. pemerintah berupaya untuk terus mengembangkan usaha kecil yang didirikan oleh kelompok-kelompok masyarakat. Itu karena dengan adanya usaha kecil, dapat menunjang nilai ekonomi masyarakat, membuka lapangan kerja yang dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan, dan menaikkan taraf hidup masyarakat yang mayoritas memiliki ekonomi menengah kebawah.  Dilansir oleh laman berita Liputan 6, usaha kecil memiliki peran yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia yaitu mencapai 99,9% dan penyerapan tenaga kerja sebesar 97%. Usaha kecil juga menyumbang pada Produk Domestik Bruto (PDB) sebanyak 60,34%  pada tahun 2018. Secara jumlah usaha kecil di Indonesia mencapai 93,4%, usaha menengah 5,1%, dan usaha dengan skala besar hanya sebesar 1%. Presentase tersebut pada prinsipnya tidak menunjukkan adanya perubahan yang signifikan setiap tahunnya. Secara ekonomi memang usaha kecil memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, namun dalam pengembangannya usaha kecil menghadapi berbagai permasalahan. Penelitian dari Winarni (2006) dan Situmorang (2008) menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi meliputi masalah permodalan yang belum bisa efektif, kesulitan dalam memasarkan produk, manajemen organisasi yang belum terkontrol, sumber daya manusia yang terbatas, tidak memiliki laporan keuangan, tekhnologi yang kurang mendukung, serta aspek legalitas yang rendah. Melihat permasalah-permasalahan yang dihadapi dalam upaya pengembangan usaha kecil tersebut, diperlukan strategi pengembangan usaha kecil agar perkembangan usaha kecil yang ada di Indonesia berjalan dengan cepat, lancar, dan unggul sehingga dapat memaksimalkan laba guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Indonesia. Salah satu strategi yang dibutuhkan oleh UMKM yaitu dapat memasarkan produknya secara optimal dan maksimal ke seluruh lapisan masyarakat, strategi tersebut dapat menggunakan beberapa cara salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini.

Selengkapnya >>>LAPORAN PPL HENY RAHMATUL CHOLIFAH-MKS-12406173087-dikonversi-dikompresi <<<

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>