STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN OMSET IKAN HIAS (STUDI KASUS DI SELLER DAN BUDIDAYA IKAN HIAS ABDUL HAFIZ)

PPL FEBI 2020

PPL FEBI 2020

 

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

 

Praktik Pengalaman Lapangan

Jurusan Manajemen Bisnis Syariah

 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung Oleh:

ABDUL HAFIZ IHZA MAHENDRA

 

NIM. 12405173144

 

 

 

Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. H. Mashudi, M.Pd.I.

                                                               NIP. 196901312001121003

 

BAB II

PELAKSANAAN PRAKTIK

 

 

A.     Profil Lembaga

 

1. Sejarah Singkat

 

Usaha Seller dan Budidaya Ikan Hias ini di dirikan oleh Bapak Abdul Hafiz pada tahun 2019. Berawal dari mengisi waktu kosong di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa. Jadwal perkuliahan tidak seperti pada masa sekolah yang di awali pagi hari sampai siang hari bahkan sampai sore hari. Di bangku perkuliahan bisa saja di awali pagi namun tidak sepagi jadwal sekolah. Inilah yang di manfaatkan owner untuk mengurus ikan-ikannya terlebih dahulu.

Menurut owner, beliau memilih ikan hias berjenis guppy dan cupang karena ikan ini tergolong ikan yang sangat mudah untuk di pelihara maupun di budidayakan dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Ikan hias cupang dan guppy memiliki banyak jenisnya. Namun, dari sekian banyaknya jenis ikan dapat di golongkan dalam 2 kategori yaitu ikan di jual dengan hanya mengandalkan kuantitas tanpa memikirkan genetic dan ikan yang di jual dengan mengandalkan kualitas.

Untuk modal awal yang digunakan memulai usaha ini seadanya. Membeli ikan guppy beberapa jenis sesuai budget dan di budidayakan terlebih dahulu kemudian di jual anakannya.

Untuk media, hanya memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Media yang digunakan pun sangat sederhana dari awal usaha sampai saat ini. Media awal hanya menggunakan bak dan baskom seadanya yang dimiliki, hingga sekarang mampu membeli aquarium berukuran kecil-kecil dan membuat kolam dari terpal yang tergolong masih ekonomis.

 

 

  1. Visi dan Misi Lembaga

Seller dan Budidaya Ikan Hias “Abdul Hafiz” memiliki visi “Memajukan Ikan Hias Tulungagung baik Nasional maupun Internasional dengan mengedepankan kualitas, profesional dan amanah. Adapun beberapa misinya:

selengkapnya>>>Lap PPL Abdul Hafiz Ihza Mahendra 12405173144

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>