MODEL STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO BAJU SYAKIRA TRENGGALEK

RIZKI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktek Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh
RIZKI PUTRA PEMBAYUN NIM. 12405173129
Dosen Pembimbing Lapangan NUR AZIZ MUSLIM M.H.I NIP. 197407162009011006

JURUSAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG
2020

Toko baju adalah tempat yang tepat dalam mendapatkan baju yang dibutuhkan oleh semua orang. Berbagai jenis pakaian seperti baju gamis, gaun, atau kemeja, bisa dibeli berbagai jenis pakaian tersebut di toko baju yang mempunyai berbagai macam produk pakaian tersebut. Sehingga konsumen akan mempunyai banyak pilihan dalam memilih dan membeli berbagai macam jenis pakaian, dan konsumen tidak akan salah memilih dalam memilih baju yang ingin kenakan. Toko baju yang menjual berbagai macam jenis pakaian yang ada dapat membuat anda lebih jeli dalam memilih pakaian yang ada. Yang perlu perhatikan dalam membeli baju tersebut di toko baju adalah bagaimana pemilihan yang pas antara warna dan kesesuaian dengan bentuk tubuh, apakah gemuk atau kurus. Yang paling penting adalah konsumen dapat nyaman mengenakan pakaian yang pakai. Sehingga konsumen dapat mengenakan pakaian yang dipakai dengan tidak sempit tetapi juga tidak terlalu lebar. Dan konsumen dapat mencoba baju tersebut di toko baju jika nantinya berkeinginan untuk mengenakannya sambil menjalankan aktivitas sehari-hari yang nyaman. Beberapa model baju yang dapat konsumen pertimbangkan dalam memilih jenis baju tersebut adalah dari konsep desain yang menarik di toko baju. Dan juga dari harga dan kualitas bahan tersebut, karena baju akan terasa nyaman jika telah dicoba.
Barang kebutuhan primer berupa sandang ini sangatlah banyak jenis gambarnya. setiap orang pastinya tidak luput dari pakaian/busana, dengan berbagai model yang disediakan. Dengan melihat kebutuhan manusia pada saat ini yang terus berkembang khusunya pada pakaian, untuk itu saya memelih Praktek Pengalaman Lapangan ke salah satu Toko Pakaian yang berada di Trenggalek yaitu toko baju Syakira dengan menjual berbagai macam pakaian seperti gamis salah satu produk unggulan dari toko tersebut. Toko baju syakira didirikan oleh ibu May Saroh pada tahun 2016 yang bertepatan di desa Sumberagung Pakis Durenan Trenggalek dan memiliki 2 seorang karyawan.

Toko baju Syakira Trenggalek termasuk usaha yang berdampak akibat pandemic virus corona, adanya kebijakan physical distancing serta pembatasan kegiatan membuat omset toko baju syakira Trenggalek mengalami penurunan, akan tetapi usaha ini masih tetap bisa bertahan karena pasar dari usaha ini sebagian besar berasal dari ibu-ibu komunitas seperti grub sholawat dll, sehingga ketika kegiatan masyarakat masih dibatasi tapi pesanan dari ibu-ibu tersebut bisa membantu memutar roda kehidupan usaha ini.
Dengan demikian berbagai ketrampilan dan strategi yang dilakukan Toko Baju Syakira Trenggalek untuk tetap bisa bertahan ditengah pandemi serta tetap bisa menjaga pasar, sehingga memiliki konsumen yang loyal terhadap usaha ini. Untuk itu saya mengambil judul penelitian “Model Strategi Pemasaran pada Toko Baju Syakira Trenggalek”, untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan Toko Baju Syakira Trenggalek.

Selengkapnya LAPORAN PPL RIZKI PUTRA PEMBAYUN-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>