“Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa “Cipta Mandiri Sejahtera” Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung”

Screenshot_20210328-214557_Gallery

 

Diajukan Untuk memenuhi Tugas Akhir Praktik Pengalaman Lapangan

Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungangung

Oleh : FINA ITHMATUL MAULA (12403183054)

Dosen Pembimbing Lapangan Sri Dwi Estiningrum, S.E., Ak., M.M., C.A. NIP. 197209082007102001

JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG

Dalam menjalankan usaha, BUMDes tentu membutuhkan laporan keuangan yang bertujuan untuk menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas dan kinerja keuangan suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya. Tujuan laporan keuangan adalah menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dalam peranannya menunjukkan akuntabilitas entitas pelaporan sumber daya yang menjadi tanggungjawabnya. Ikatan akuntan Indosesia telah menerbitkan standar dalam penyusunan laporan keuangan. Standar laporan keuangan tersebut berupa Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik atau disebut SAK ETAP. SAK ETAP di peruntukkan bagi entitas yang laporan keuangannya tidak akuntabel untuk publik secara luas dan bisa diterapkan oleh usaha kecil menengah karena tidak memperjualbelikan sahamnya di pasar modal. SAK ETAP diterbitkan tahun 2009 berlaku efektif 1 Januari 2011 dengan maksud agar semua unit usaha menyusun laporan keuangan sesuai standar yang telah ditetapkan. Standar SAK ETAP yaitu entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan dan tidak menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum bagi pengguna eksternal.

Selengkapnya >>> LAPORAN PPL_FINA ITHMATULMAULA_12403183054 <<<

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>