Analisis Peran Desa dan Konribusi Bank Terhadap Pengembangan Usaha Café Pasar Kawasan di Desa Pandean Kabupaten Trenggalek

IMG_20210805_160035-compress1

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Oleh:

MUHAMAD RIZAL ARIFIN

NIM: 12401183330

  Dosen Pembimbing Lapangan

Refki Rusyadi, M.Pd. I

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

 

Pada asal mula berdirinya tempat pada café pasar kawasan ini yang di bangun di tahun 2015 pada rencana pembangunan awal tempat ini mau di jadikan pasar rakyat oleh pemkab Trenggalek untuk menunjang perekonomian masyarakat yang berapa di desa pandean dan sekitarnya, tempat ini bernama pasar kawasan yang terletak dan beralamatkan di Jl. Raya Pandean, Ds. Pandean, Rt 01 / Rw. 01 Kec. Durenan Kab. Trenggalek. Yang dulunya tempat ini ingin di buat pasar akan tetapi pada akirnya sejak tahun berdirinya yaitu tahun 2015 sampai saat ini, Pembangunan pasar ini sudah berhenti dan akirnya sampai saat awal pembangunan pasar ini pun belum beroperasi sama sekali di karena ada masalah dari pemkab itu sendiri, dan yang akirnya pasar kawasan yang berada di desa pandean ini tidak beroprasi dengan semestinya padahal dalam pembangunan pada pasar ini sudah berdiri tegak dan masyarakat pun tinggal menampati dan mengoperasikan pasar ini dan sangat di sayangkan harus mangkraknya pasar ini.

Dengan begitu lamanya pasar ini sudah mangkrak selama bertahun-tahun dan sudah tidak ada yang mengurus ataupun menempati tempat pasar ini, pada akirnya oleh bapak kades yaitu bapak Suwarno S.Pd. selaku kepala desa yang ada di desa Pandean yang pada akirnya membuka peluang untuk masyarakat sekitar desa pandean untuk memperbolehkan dan memanfaatkan bangunan yang sudah lama tidak di tempati ini, yang di peruntukan untuk kusus masyarakat desa pandean yang ingin membuka usaha UMKM, dan memanfaatkan fasilitas yang ada di pasar kawasan desa pandean ini. Dengan adanya pembukaan peluangan di pasar kawasan ini ada 3 pelaku usaha UMKM yang telah menempati pasar kawasan desa pandean, dan salah satunya yaitu usaha UMKM Cafe Pasar Kawasan yang di kelola oleh pemuda setempat yaitu mas rega, Café Pasar Kawasan ini didirikan sejak 23 September 2019 .

Selengkapnya>>>>LAPORAN PPL_MUHAMAD RIZAL ARIFIN_12401183330- Perbankan Syariah<<<<