IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) SUMBER MAKMUR (Studi Desa Sumberingin Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)

IMG-20210831-WA0194

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh

DELLA ANANDA PUNGKI SALSABILA

NIM. 12406183171

Dosen Pembimbing Lapangan

MEGA TUNJUNG HAPSARI, M.AP.

 

MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah desa dalam sistem anggaran. Desa memiliki peran yang sangat strategis sebagai salah satu unit pemerintahan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dari berbagai latar belakang, kepentingan dan kebutuhan, terutama dalam pelaksanaan tugas di bidang pelayanan publik. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yaitu Alokasi Dana Desa (ADD) untuk mendukung semua sektor masyarakat, salah satunya pengalokasian dana pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa, sehingga dapat memaksimalkan pembangunan desa.

BUMDes dijadikan sebagai pilar demokrasi karena BUMDes dianggap sebagai lembaga ekonomi masyarakat yang memiliki peran strategis yang dijadikan sebagai alat untuk mendongkrak perekonomian masyarakat pedesaan. BUMDes diciptakan untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan asset desa, meningkatkan kegiatan usaha masyarakat, menciptakan peluang usaha, dan menciptakan lapangan kerja.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>