Implementasi Pengelolaan Keuangan Sektor Produksi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pandlegan Sejahtera Pikatan (Studi Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar)

IMG-20210909-WA0013

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh:

AYVA NADILA

NIM. 12406183147

 

Dosen Pembimbing Lapangan

NADIA ROOSMALITA SARI, S.PD., M.KOM.

 

MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

Di dalam suatu wilayah, perkonomian merupakan sebuah tumpuan utama dalam kehidupan sehari-hari. Perekonomian dapat tercipta bila suatu usaha yang dibangun mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Mereka mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang akan dibantu dan didukung oleh pemerintahan desa. Pengaturan tentang keuangan desa di dalam Undang-Undang Desa telah jelas mampu memberikan ruang yang sangat besar dalam upaya meningkatkan pembangunan ekonomi desa guna peningkatan kesejahteraan rakyat. Rintangan yang justru sering muncul dari pengelolaan keuangan yang menuntut untuk memiliki akuntabilitas dan transparasi agar dukungan yang dilakukan oleh pemerintah ini dapat meningkatkan sektor ekonomi dalam pembangunan desa yang lebih maju.

Keuangan desa dapat berupa hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang dan dapat digunakan untuk kegiatan pengelolaan pemerintahan desa dan kepentingan masyarakat desa (UU No. 6 Tahun 2014). Dinilai dari objeknya, keuangan negara adalah segala kewajiban dan hak negara yang dapat diukur dalam mata uang, termasuk kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan pengelolaan aset milik negara. Dalam pengelolaan keuangan desa berupa perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban selama dalam 1 periode.

Selengkapnya>>>LAPORAN PPL_AYVA NADILA_12406183147<<<


 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>