Manajemen Keuangan Badan Usaha Milik Dalam Perberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)

IMG-20210909-WA0014

 

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh

ASMA’UL KUMALA SARI

NIM. 12406183157

 

Dosen Pembimbing Lapangan

                       Nadia Roosmalita Sari, S.Pd. M.Kom

 

JURUSAN MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

Desa merupakan unit terkecil disuatu negara namun memiliki peran penting untuk mencapai cita-cita suatu berbangsa dan bernegara. Bahkan apabila kita ingin menilai suatu bangsa itu sejahtera atau tidak dapat dilihat dari kemajuan sebuah desa, tidak hanya itu saja harus adanya dorongan yang terus menerus bagi tumbuh kembangnya potensi alamiah dan potensi dinamik pedesaan. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menjadi awal dari sebuah desa untuk menentukan peran dan kewenangannya. Harapannya pemerintahan desa dapt nembangun perekonomian masyarakat desa yang mandiri.

Dalam rangka mengakomodasi potensi desa dan pemenuhan kebutuhan warga desa, melalui UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Desa, pemerintah memberikan dukungan besar agar desa memiliki badan usaha yang mampu mengembangkan dan menggerakkan perekonomian lokal.

Untuk menunjang peningkatan ekonomi desa perlu adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi wadah pemerintah desa dan warganya yang secara proposional melaksanakan program pemberdayaan perekonomian di tingkat desa. Keberdaan BUMDes diharapkan mampu menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah lembaga yang dikelola oleh masyarakat desa dan kepengurusan terpisah dari pemerintah desa. Berdirinya BUMDes bertujuan untuk menggali dan mengoptimalkan potensi wirausaha desa.

Selengkapnya >>>ASMA'UL KUMALA SARI-12406183157-MKS-PPL 2021_2<<<

 


 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>