Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir
Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Disusun oleh :
RISANDA ACHMAD KHOIRUDIN
NIM. 12401183242
Dosen Pembimbing Lapangan
Dr. Sutopo, M.Pd
JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG
Merger tiga bank milik BUMN yakni BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri menjadi PT. Bank Syariah Indonesia membuat para nasabah diharuskan untuk melakukan migrasi rekening. Migrasi rekening ini membuat nasabah diharuskan untuk melakukan penggatia buku rekening dan ATM di cabang BSI terdekat. Hal ini membuat BSI untuk senantiasa melayani nasabah nya dengan sepenuh hati. Pelayanan menjadi kunci untuk mempertahankan nasabahnya.
Beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah kualitas layanan dan kualitas produk. Kualitas layanan adalah upaya pemenuhan kebutuhandan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannyadalam mengimbangi harapan konsumen (Tjiptono, 2007). Pelayanan yang baik dapat menentukan kepuasan konsumenadalah kualitas jasa, yaitu: bukti fisik (tangibles), keandalan(reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan(assurance), dan empati (empathy). Apabila konsumen merasa puas terhadap suatu produkyang di beli, akan menimbulkan kesetiaan pembeli sehinggamembuat pembeli melakukan pembelian ulang di masa yangakan datang. Seperti yang dikatakan Moven dan Minor (2008) menyatakan bahwa loyalitas sebagai kondisi dimana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap suatu merk,mempunyai komitmen pada merk tersebut, dan bermaksudmeneruskan pembeliannya di masa mendatang. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang baik, yang diharapkan dapatmembuat pelanggan untuk kembali melakukan transaksi.
Selengkapnya>>LAPORAN PPL_RISANDA ACHMAD KHOIRUDIN_12401183242