Pengelolaan Zakat di UPZ MASJID BAHRIYATUL WAHAB Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung

WhatsApp Image 2021-11-18 at 10.25.51

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Jurusan Menejemen Zakat dan Wakaf

Fakultas Ekonomi Dan Binis Islam

Oleh :

Agus Nur Laili

NIM: 12404183020

Dosen Pembimbing Lapangan

Dyah Pravitasari SE..,M.S.A

 

JURUSAN MENEJEMEN ZAKAT DAN WAKAF

FAKULTAS EKONOMI BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM  NEGERI

SAYYID ALI RAHMATULLAH

TULUNGAGUNG

 

Menurut Bahasa zakat artinya tumbuh dan berkembang, atu mensucikan dosa. Menurut syariat, zakat ialah hak wajib dari harta tertentu pada waktu tertntu.sedangkan menurut Undang- undang No 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat, zakat adalah harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya. Kewajiban zakat pada dasarnya adalah kewajiban ilahiyah yang pasti dan perolehan zakat di anggap sebagai pemberdayaan dan pengembangan harta benda  serta tidak menimbun  harta yang mengakibatkan  mendapat ancaman siksa api neraka bagi penimbun harta.

Zakat banyak sekali macamnya, yang selama ini mungkin hanya kita kenal adalah zakat fitrah  yang kita keluarkan setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Namun selain itu masih ada zakat mal atau zakat harta yang ada didalamnya juga terdapat banyak sekali harta – harta yang yang wajib untuk dizakati, ada juga tentang zakat profesi.

Zakat fitrah adalah zakat yang dikelurkan berdasarkan jumlah atau anggota keluarga, prempuan dan laki- laki, kecil maupun dewasa wajib menglurkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan.

Zakat fitrah mempunyai fungsi antara lain ibadah, fungsi membersihkan orang yang berpusa dari ucapan dan perbuatan yang tidak bermanfaat, dan memberikan kecukupan kepada orang miskin pada hari raya Idul Fitri.

Dapat disimpulkan bahwa zakat fitrah adalah zakat pribadi yang diwajibkan atas diri setiap Muslim yang memiliki syarat- syarat tertentu yang ditunaikan pada bulan Ramadhan sampai menjelang  shalat Idul Fitri  yang berfungsi untuk membersihkan diri dari perbuatan yang tidak brmanfaat selama bulan puasa.

Selengkapnya>>>>>>AGUS PPL.docxDDD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>