Peran Marketplace Dalam Mengembangkan Pemasaran Konfeksi Roga Kaos

berkunjung wawancara

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir

Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung

Oleh :

IKRAR DIENA BAKTI

NIM : 12402183292

Dosen Pembimbing Lapangan

Dr. Muhammad Aswad, M.A.

JURUSAN EKONOMI SYARIAH

                                                   FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

IAIN TULUNGAGUNG

 Pada pertengahan tahun 1992 Roga Sablon merupakan nama pertama kalinya yang kita kenal saat ini bernama Konfeksi Roga. Dengan modal menjual motornya, beliau membelikan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, antara lain seperti: Mesin Jahit, Mesin Potong Kain, dan potongan kain sebanyak 10kg. Di tahun tersebut beliau bpk. H. Karijan memulai memotong kain pertamanya untuk membuat sample dan untuk dipakai anak-anaknya. Beliau membangun bisnis-nya bersama istrinya, yang bernama Hj. Siti Rodiyah, yang kebetulan istrinya memiliki bakat menjahit.  

Setelah menjadi kaos, bpk. H. Karijan mencoba menawarkan sebagian hasil desain dan kaos yang sudah jadi ke sekolah-sekolah di Tulungagung. Karena di zaman tersebut internet belum mendominas, maka beliau menawar produknya dengan cara menghampirinya satu-persatu siapa yang membutuhkan pakaian seragam. Setelah mendapatkan tidak sedikit pesanan dari sekolah-sekolah beliau bekerja sama dengan istrinya untuk menggarap pesanan-pesanan yang beliau terima. Beliau (bpk H. Karijan) yang mendesain dan memotong kain, dan istrinya menjahitnya. Sebelum memesan, konsumen diharapkan membayar uang muka terlebih sebanyak 20% dari total biaya pesanannya untuk membeli kain, sedangkan bahan kain yang disiapkannya terdapat banyak sekali macamnya, salah satu yang sering digunakan sebagai kaos seragam adalah kain yang berbahan TC (Tettereon Cotton), Lotto, Karjut, dan Addas.

Selengkapnya>>>Ikrar Diena Bakti_ES_12402183292_Laporan PPL<<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>