Tema PBAK FTIK UIN SATU 2021

05C16725-C818-47A4-9270-46CA859CBC98

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) menjadi kewajiban seluruh Mahasiswa Baru sebagai amanat Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 4962 Tahun 2016.

Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) pada perhelatan tahun 2021 ini mengusung tema yang ’fresh’ dan tentunya mengakomodasi kondisi terkini.

Tema yang diusung adalah “Peran Mahasiswa di Tengah Kompleksitas Problem Pendidikan”.

Kondisi pandemi membawa dampak kepada mahasiswa dalam menempuh studinya, ihwal inilah yang membuat DEMA FTIK menelurkan tema yang sesuai dengan kondisi. “Pandemi saat ini telah membawa implikasi yang cukup kompleks dalam pendidikan kita. Kami di DEMA FTIK, saat PBAK kelak harapannya mampu menjadi wadah mahasiswa khususnya maba untuk mendorong agar semangat dan survive mengenyam pendidikan di kampus dakwah dan peradaban,” ujar Rico Nur Ubaidilah, Ketua Umum DEMA FTIK.

Dalam tema tersebut kemudian dimanifestasikan ke Logo PBAK FTIK 2021.
Warna Hijau bermakna kesuburan dan keharmonisan dalarn lingkup Kampus UIN SATU. Warna Biru melambangkan kedalaman ilmu pengetahuan. Warna Kuning merepresentasikan warna dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung.
Bentuk Bunga melambangkan dakwah pendidikan yang mewujudkan rasa
kemanusiaan dan bangsa yang beradab.

Tiga Daun perlambangan dari nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat). Sebagai representasi Kegiatan PBAK FTIK 2021 yang dilakukan secara Virtual

Lingkaran Melambangkan Simbol UIN SATU dan peran teknologi di era digital. (*)

WORKSHOP DESAIN GRAFIS 2021 DALAM RANGKA HARLAH PAI KE 53

625848A2-80B8-41C3-B18F-A22E943A089A

WORKSHOP DESAIN GRAFIS 2021 DALAM RANGKA HARLAH PAI KE 53
Tulungagung, Rabu (14/07)– Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi mendengar kata desain grafis, ya bukan? Desain grafis merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan teknologi saat ini.
Dalam kegiatan harlah PAI yang ke-53, kami selaku anggota HMJ PAI bidang Publikasi dan Aspirasi menyambut acara dengan mengadakan Workshop Desain Grafis. Sesuai dengan tugas bidang Publikasi, yaitu menginformasikan kegiatan- kegiatan HMJ PAI. Media informasi itu juga membutuhkan adanya sebuah seni dalam memperindah sebuah informasi, agar para audiens tertarik dengan informasi yang kita publikasikan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk menguasai bidang desain grafis.
Tujuan kami mengadakan Workshop Desain Grafis ini supaya masyarakat lebih kreatif dan mampu mengolah desain. Acara ini kami tekankan pada pengenalan desain grafis. Perlu sekali untuk memahami apa itu desain grafis sebelum mempraktekkannya. Hal ini bertujuan supaya orang yang masih awam dengan desain grafis ini tidak kaget ketika memasuki dunia desain grafis, dan tentunya tidak asing dengan berbagai media yang kita gunakan untuk membuat suatu karya atau produk.
Workshop Desain Grafis ini berlangsung pada hari Senin tanggal 03 Juli 2021, bertempat di MWC NU Boyolangu. Acara ini diadakan secara offline. Mengingat bahwa masih dalam kondisi pandemi, kami membatasi jumlah peserta workshop dan menganjurkan seluruh peserta dan panitia untuk tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.
Rangkaian acara workshop Desain Grafis sebagai berikut
1. Pembukaan. Dibawakan oleh Gus dan Ning PAI angkatan 2020 yaitu Gus Ahmad Sofiyulloh dari kelas 2E dan Ning Ragil Susanti dari kelas 4G.
2. Sambutan dari Iqbal Salsabila Imama selaku Wakil Ketua Umum HMJ PAI 2021 .
3. Acara inti, yakni Workshop Desain Grafis dengan :
Moderator : M. Alfan Ilma Zakaria dari Bidang Publikasi dan Aspirasi

Pemateri : Bhakti Banda Yudha, S.Tr.Kes
4. Penutup. Doa oleh M. Nur Rochim dari Bidang Penelitian dan Pengembangan
Harapan kami semoga Workshop Desain Grafis ini bisa berlanjut ke tahapan selanjutnya dengan mempraktekkan langsung menggunakan software desain grafis. Dan semoga seluruh masyarakat PAI maupun umum turut serta berpartisipasi dalam program kerja yang kami selenggarakan.

 

Pelatihan Buletin Harlah HMJ PAI

PELATIHAN BULETIN

DALAM RANGKA HARLAH PAI KE 53

HMJ PAI UIN SATU TULUNGAGUNG

“ Meneguhkan Komitmen, Semangat Membangun Bersama “

873C2543-958A-41B3-92EE-5B5C2D90E3D7

Tulungagung  – Jumat (9/7). Kalau kita mendengar kata Harlah atau yang biasa disebut dengan Hari Lahir, pasti identik dengan perayaan atau peringatan yang sangat meriah. Untuk peringatan Harlah di tahun ini sangat berbeda dari peringatan – peringatan sebelumnya, yang pastinya tidak kalah meriah dengan tahun – tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, peringatan Harlah dilaksanakan secara virtual maupun dengan offline karena adanya Covid-19 yang situasinya tidak memungkinkan untuk memeriahkan acara ini di kampus.

Begitu pula dengan peringatan Harlah tahun ini tidak diadakan di Gedung Arief Mustakim lantai 6, akan tetapi dilaksanakan di rumah masing – masing via zoom dan youtube. Meskipun begitu, peringatan Harlah ini dimeriahkan dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti halnya pelatihan buletin yang dilaksanakan dalam waktu 2 hari. Pelatihan buletin disini dapat menginformasikan kepada masyarakat, memberitahukan tentang peristiwa yang terjadi, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain.

Untuk tema dari peringatan Harlah ini yaitu “Meneguhkan Komitmen, Semangat Membangun Bersama”, yang mana dari Meneguhkan Komitmen disini berarti tetap mempertahankan sebuah komitmen yang dibuat dari awal serta Semangat Membangun Bersama berarti Kita bangun sebuah komitmen yang sudah dipertahankan dengan baik agar menjadi yang lebih baik dengan semangat dari kita semua.

Untuk itu, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam mengangkat tema tersebut karena sekarang ini sudah langka sekali dengan namanya membangun semangat dalam berkomitmen. Dengan begitu perlu adanya elemen – elemen pendidikan untuk dapat mencapai hal tersebut.

Rangkaian acara Pelatihan Buletin dalam Rangka Peringatan Harlah Pendidikan Agama Islam ke – 53, yaitu:

1. Pembukaan, yang dibawakan oleh moderator dari acara ini yaitu M. Hasbunal Kafi
2. Penyampaian Materi yang dibawakan oleh Kowim Sabilillah (Deklarator LPM Aksara)
3. Penutup

LOMBA CIPTA BACA PUISI HARLAH PAI

 

HMJ PAI UIN SATU TULUNGAGUNG  DALAM RANGKA HARLAH PAI KE 53

Tulungagung- Ahad (18/07) hari lahir, identic dengan perayaan- perayaan yang menjadi tradisi bagi seseorang untuk menginggat atau memberi simbol. Dalam ini bertepatan dengan hari lahir PAI yang bersamaan dengan hari lahir kampus adalah sebuah hal yang perlua diperingati demi mengingat perjuangan tokoh pendiri UIN.

Hari lahir tersebut dijadikan agenda rutin setiap tahun bagi seluruh jurusan di 4F88C6E2-BADE-49AF-BDB1-5D1D23C8BE00UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH termasuk juga HMJ PAI yang kini telah berusia 53 tahun. Dalam HMJ PAI terdapat devisi – devisi yang mengadakan lomba-lomba untuk merayakan dan melaksanakan progam kerja dalam periode ini termasuk juga dengan lomba cipta baca puisi yang diadakan oleh devisi social dan budaya dalam keikut sertaanmenyukseskan acara HARLAH PAI.

Lomba cipta baca puisi adalah suatu perlombaan yang dilaksanakan pada HARLAH PAI UIN SATU. Lomba inidiadakan karena ada kreasi didevisi sosial dan budaya yang sebelumnya mengadakan kegiatan donor darah yang masih belum memungkinkan dalam situasi pandemi seperti ini. Tujuanlomba cipta baca puisi ini di adakan yaitu untuk meningkatkandaya imajinasi, meningkatkan kualitas Bahasa dan sastra Indonesia. Kemudian juga menampung dan menyalurkan bakat potensi dibidang sastra khususnya dalam bidang menulis dan membaca.

Untuk tema lomba cipta baca puisi ini kami mengangkat sebuah tema senja. Tema senja yang tidak hanya dimaknai soal percintaan. Karna maknanya begitu luas jika mampu kita mengembangkan, senja juga mewakilkan hal-hal yang sulit ditafsirkan. Tentang banyak hal yang yang mampu kita tuangkan. Tentang rasa kebahagiaan, kecintaan, kesenangan, kesedihan, kebanggaan, terhadap ciptaan yang maha menciptakan. Maka dari itu kami menyediakan  ruang untuk menyalurkan bakat dan untaian kata yang dapat menjadi sebuah karya yang terapresiasikan.

Rangkaian kegiatan lomba cipta baca puisi nasional 2021

1. Pendaftaran 8 Juni- 23 Juni 2021
2. Pengumpulan Karya 24 Juni -26 Juni 2021
3. Penjurian 27 Juni – 30 Juni 2021
4. Pengumpulan Video 10 Besar 1 Juli – 4 Juli 2021
5. Penjurian 5 Juli – 7 Juli 2021
6. Pengumuman Pemenang 10 Juli

Lomba ini diikuti oleh seluruh warga Indonesia bersifatumum tanpa batas usia dan perolehan juara diantaranya :

• Juara 1 Lathifatul Hasanah ( Tulungagung)
• Juara 2 Vina Arzika Humaida ( Demak Jawa Tengah)
• Juara 3 Akhmad Syahwanul Karim ( Malang)
• Harapan 1 Wisnu Permadi ( Purwokerto )
• Harapan 2 Faris April Liansah ( Malang )
• Harapan 3 Yeni Kartikasari (Ponorogo)

Kegiatan berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit koreksi yang akan kami evaluasi dan tingkatkan lagi di kegiatan berikutnya.

MTQ Harlah Ke-53 HMJ PAI

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN

DALAM RANGKA HARLAH PAI KE-53

HMJ PAI UIN SATU TULUNGAGUNG

CF180350-CA7E-48F8-AC1D-901F5496BA79

Tulungagung- Jum’at (9/7/201).  Membahas mengenai Harlah tentunya sudah bukan hal yang asing lagi kan? Apa sih Harlah itu? Harlah merupakan Singkatan dari kata Hari Lahir. Harlah biasanya identik dengan perayaan bisa berupa kegiatan pertunjukkan ataupun perlombaan. Jadi, Harlah PAI adalah suatu agenda tahunan yang rutin dilaksanakan setiap 1 tahun sekali dalam rangka untuk memperingati hari lahirnya program studi di Pendidikan Agama Islam. Perlu kita ketahui bahwa program studi PAI adalah salah satu program studi tertua yang ada di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Maka tidak heran kalau usia program studi PAI sama dengan usia kampus kita tercinta yang kini telah memasuki angka 53.

3E224BA1-6CCE-48B5-806F-16A750FB680B

Dalam rangka HARLAH PAI yang ke 53 tahun ini mengangkat tema “Meneguhkan Komitmen Membangun Bersama”. Tema ini memiliki arti bahwasanya dengan terselenggaranya acara ini seluruh pengurus dapat meneguhkan komitmen untuk membangun tujuan bersama. Pada Event kali ini terdapat berbagai macam perlombaan salah satunya adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah salah satu cabang musabaqah membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan yang mengandung nilai ilmu baca (tajwid), seni (lagu dan suara) dan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui via whatsapp dan youtube dengan peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

Adapun susunan kegiatan ini yaitu perlombaan dilaksanakan secara virtual atau online, Maqra’ (surat/ayat) Al-Qur’an ditentukan oleh panitia, kemudian Maqra’ yang akan dibaca peserta akan di share pada tanggal yang telah ditentukan, lalu peserta mengupload video tilawah di yuotube dan tag akun @hmjpaiuinsatu, dan yang terakhir penjurian dan pengumuman juara. Adapun nama-nama juri yang akan menilai perlombaan Mtq ini yaitu, Bapak Misbahul Anam, Ibu Siti Munawaroh, dan Bapak Damanhuri. Kuota peserta dibatasi sebayak 60 peserta, yakni 30 pa dan 30 pi. Dan untuk para juara akan diambil 3 pa dan 3 pi, serta setiap peserta akan mendapatkan e-sertifikat.

D08B1EAC-5D00-47C5-B15F-48C9578388A1
Adapun Nama-Nama Para Juara Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Harlah PAI ke 53 sebagai berikut.

Kategori Putra

  • Juara I : M. Zahron Nasywa (Juwana Pati)
  • Juara II             : M. Agus Miftah (Nganjuk)
  • Juara III          : Fauzan Nashrullah (Sumatera Utara)

Kategori Putri

  • Juara I : Nurul Fauziah (Malang)
  • Juara II             : Rizki Faiza Firdausi (Kediri)
  • Juara III          : Zaskia Nabila (Jombang)