Home » BERITA » Workshop STEAM METHOD with LOOSE PARTS for CREATIVE LEARNING

Workshop STEAM METHOD with LOOSE PARTS for CREATIVE LEARNING

photo6262597187481479430

Alumni PIAUD IAIN Tulungagung menggelar kegiatan “Workshop *STEAM METHOD with LOOSE PARTS for CREATIVE LEARNING* Acara yang diselenggaran pada tanggal 27 Februari 2020 di Lantai 6 Gd. KH Arief Mustaqiem IAIN Tulungagung tersebut dalam rangka menjalin silahturahmi kembali Alumni PIAUD dan sebagai kontribusi Alumni untuk Jurusan PIAUD IAIN TULUNGAGUNG. Alumni PIAUD IAIN TULUNGAGUNG yang hampir 100% telah bekerja di lembaga-lembaga PAUD, bermaksud untuk berbagi pengetahuan terbaru saat ini berkaitan dengan pembelajaran di PAUD. Workshop diisi oleh TEMAN GURU PAUD yang terdiri dari dosen-dosen PAUD, pemerhati dan pengelola lembaga PAUD yakni Bunda Anastasya, Bunda Ainur, Bunda Yulia, dan Bunda Sri Rahayu yang berpengalaman dalam pembelajaran di PAUD. Para pemateri mampu memeriahkan acara yang dihadiri ratusan peserta. Peserta yang hadir berasal dari mahasiswa, alumni, dan guru (RA, KB, TK) se-wilayah Kabupaten Tulungagung-Blitar.

Materi workshop merupakan metode pembelajaran terbaru yang dapat diterapkan di PAUD yang relevan dengan urgensi model pembelajaran era revolusi industri 4.0. Pertama, membahas tentang metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematic). Metode STEAM sudah diterapkan di negara-negara maju pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Namun saat ini, lembaga-lembaga pendidikan menerapkan metode STEAM pada lembaga PAUD. Kedua, pembelajaran dengan penggunaan Loose Parts yaitu barang atau bahan yang dapat dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan, dan disatukan kembali dengan berbagai cara yang ada di sekitar yang dapat diubah menjadi media pembelajaran. Acara Workshop lebih menarik lagi karena pemateri menyisipkan Ice Breaking agar peserta workshop dapat tetap fokus terhadap materi.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Ketua Jurusan PIAUD IAIN Tulungagung Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. menyampaikan bahwa acara workshop ini sangat penting. Selain sebagai wadah silaturahmi, namun juga
harapannya mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa terhadap metode pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman. Kelak diharapkan mampu menjadi calon pendidik unggul sebagai alumni yang dapat menjunjung marwah IAIN Tulungagung. (*)

PAGEVIEWS

Flag Counter