MAHAD AL-JAMI'AH IAIN TULUNGAGUNG

Just another Blog iain Tulungagung site

Mutsabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Sebagai Ajang Kebolehan Para Mahasantri Tahfidz dalam Rangakaian Acara Pekan Rajabiyah Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung

IMG-20200316-WA0073

Tulungagung – 14 peserta mengikuti lomba Mutsabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) yang diikuiti mahasantri tahfidz ma’had al-jami’ah IAIN Tulungagung yang diselenggarakan di lantai dua masjid baru IAIN Tulungagung, ahad (15/3) yang dimulai pukul 09:00-11:00 WIB.

Agenda tahunan berupa Pekan Rajabiyah ini pada tahun 2016 lomba yang diadakan masih dua cabang lomba yakni pidato Bahasa Arab dan pidato Bahasa Inggris, hal ini  dikarenakan pada beberapa tahun sebelumnya Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung masih menerapkan program bahasa dan mulai tahun ini dispesifikasikan untuk menambahkan program tahfidzul qur’an.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Rofifah Hasanah saif (22), “Dulu saat belum ada program tahfidzul qur’an, mahasantri tahfidz disamakan dengan mahasantri reguler, mereka juga mengikuti program bahasa. Seiring berjalannya waktu untuk lebih kondusif lagi pembelajaran tahfidz maka mahasantri tahfidz dikhususkan bertempat di lantai tiga mabna Fatimah az-Zahra.”. Dari 14 peserta yang mengikuti perlombaan 12 diantaranya adalah mahasantri dari lantai tiga mabna Fatimah az-Zahra dan 2 peserta lainnya yang mengikuti kelas Madin tahfidz di kampus.

Suasana dalam perlombaan ini terasa begitu tenang karena lantunan ayat-ayat al-qur’an yang dibacakan oleh para peserta lomba MHQ. Mereka sangat antusias berpartisipasi dalam ajang lomba MHQ ini. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik agar tidak terjadi kesalahan yang fatal ketika lomba sedang berlangsung.

“Meskipun saya sudah pernah mengikuti lomba seperti ini waktu di pondok dulu rasa masih sedikit nervous itu tetap ada. Yang penting saya tidak meremehkam lomba ini karena itu akan membuat kita mendadak lupa pada saat lomba” ujar salah satu peserta bernama Desriana Alfa Fauziah.

Kesan Ukhty Arina sebagai Ketua Mabna Khadijah al-Kubra, beliau sangat senang karena banyak perkembangan dari ekstrakurikuler yang ada di Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung yang dapat menambah begitu pula cabang-cabang lomba yang diselenggarakan. Ukhty Arina berharap kedepannya dapat mengembangkan ekstrakurikuler dan lomba lainnya.

 

 

 

Updated: March 16, 2020 — 2:36 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT MAHAD AL-JAMI'AH IAIN TULUNGAGUNG © 2020 Frontier Theme