MAHAD AL-JAMI'AH IAIN TULUNGAGUNG

Just another Blog iain Tulungagung site

Penutupan dan Khataman bi al-Nadhr wa bi al-Ghaib Angkatan VII Pusat Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung dan Daurah Tahfizh Al-Quran di Pondok Bustanu ‘Usyaqil Qur’an di Desa Kaliwungu , Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung

Ngunut, Rabu, 8 Januari 2020, jam 08.30 WIB
Tepat pada hari Rabu 8 Januari 2020, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung menggelar acara penutupan Daurah Tahfizh sekaligus Khataman Qur’an bi al-Nadhr wa bi al-Ghaib yang digelar di pondok pesantren Bustanu ‘Usyaqil Qur’an desa Kaliwungu, kec. Ngunut, kab. Tulungagung. Acara tersebut selain dihadiri oleh Mudir dan segenap murobbi/ah Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung, juga ikut hadir kepala desa Kaliwungu dan sejumlah tokoh masyarakat serta wali mahasantri dan warga desa setempat.
Dengan semangat semboyan “bi al-Hamasah wa al-Mumtazah Allahu Akbar”, acara dimulai dengan penampilan sholawatan mahasantri dengan aransemen musik cup song dan juga seni tari. Sedangkan runtutan acaranya yaitu: pembukaan, tilawah. prosesi wisuda Daurah Tahfidz al-Quran Angkatan VII tahap pertama, sambutan-sambutan. dan terakhir ditutup dengan doa.
Adapun sambutan pertama disampaikan oleh Pengasuh PP Bustanu ‘Usyaqil Qur’an Ust. Ahmad Marzuki, M. Pd. I. Dalam sambutannya ust. Marzuki menjelaskan bahwa kegiatan daurah tahfizh Angkatan 7 ini dilaksanakan dalam 2 tahap dimana tahap pertama diikuti oleh 92 mahasantri yang dimulai 5 Desember 2019 kemarin hingga hari ini dan kemudian dilanjutkan tahap kedua yang diikuti oleh 90 mahasantri. Maka total peserta Daurah Tahfidz angkatan keVII sejumlah 182 mahasantri. Selanjutnya ia menyampaikan jumlah mahasantri tahfidz yang diwisuda (Khirijât al-Daurah li Hifdz al-Quran) pada angkatan ini adalah bi al-Nadhr sejumlah 16 mahasantri dan bi al-Ghoib sejumlah 10 mahasantri. Dan diantara para wisudawati tercatat ada 2 mahasantri dari Pattani, Thailand.
Sambutan kedua disampaikan oleh kepala desa Kaliwungu. Sambutan disampaikan cukup singkat. Setelah memberikan ucapan selamat kepada para wisudawati, ia menyampaikan bahwa pemerintah desa memberikan bantuan dan dukungan penuh kepada mahad untuk menjalankan program-programnya.
Sambutan ketiga disampaikan oleh Mudir Mahad Al-Jami’ah IAIN Tulungagung Dr. K.H. Teguh, M. Ag. Dalam sambutannya banyak hal yang disampaikan. Setelah ucapan terimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu kesuksesan acara, Mudir selanjutnya memberi dukungan dan motivasi kepada para wisudawati tentang keutamaan penghafal Al-Quran. Tidak lupa disela-sela sambutannya, Mudir mensosialisasikan pula program-program ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung lainnya seperti Madin, Daurah Talim al-Turotsy, dan lain sebagainya. Selanjutnya di akhir sambutannya, Mudir secara resmi menutup program daurah tahfizh Al-Quran angkatan 7 tahap pertama, sekaligus membuka daurah tahfizh Al-Quran tahap kedua. (Humas/Imdi)

Updated: January 9, 2020 — 8:20 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT MAHAD AL-JAMI'AH IAIN TULUNGAGUNG © 2020 Frontier Theme