Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama berisi orientasi utama perkuliahan. Selain perkenalan, juga disampaikan tentang silabus perkuliahan.

SILABUS

Mata Kuliah              Metodologi Studi Islam (MSI)

Bobot                          : 2SKS

Jurusan/Prodi           : Tarbiyah/ PAI, PBA

Jenjang                      : S-1 iain Tulungagung

Dosen                        : Ngainun Naim

_______________________________________________________________

 

A. Deskripsi

Mewujudkan kecintaan dan keyakinan manusia terhadap Islam yang tidak hanya bersifat normatif dan emosional penting untuk ditumbuhkembangkan di iain. Hal ini mensyaratkan adanya dukungan argumentasi yang rasional, kultural dan aktual. Studi Islam juga dapat membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinan agama Islam. Selain itu, studi Islam juga dapat menumbuhkan sikap objektif dan akan menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam.

 

Matakuliah Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah wajib untuk Program Studi S-1 di iain Tulungagung. Perkuliahan MSI mengarahkan mahasiswa pada cara memahami Islam secara metodologis. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup dan Islam sebagai budaya menjadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiah lainnya.


Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.

 

B. Tujuan

1.    Memberikan pemahaman holistik, universal dan inklusif terhadap Islam.

2.    Memberikan kerangka metodologis dalam memahami Islam

C. Materi

No

Materi

1

Muqaddimah: overview matakuliah dan kontrak perkuliahan.

2

Metodologi Studi Islam: Pengertian, Objek, dan Tujuan Studi Islam

3

Dinamika Perkembangan Studi Islam: Sejarah Awal, Barat, Timur, dan Indonesia

4

Berbagai Pendekatan: Teologis-Normatif, Historis, Sosiologis, Antropologis, Filsafat, Fenomenologis.

5

Studi al-Qur’an

6

Studi Hadis

7

Manusia dan Kebutuhan terhadap Agama:

a. Pengertian agama.

b. Fungsi agama.

c. Doktrin kepercayaan agama

8

Islam Sebagai Pengetahuan Ilmiah

a. Arti dan perbedaan Ilmu, Pengetahuan, dan Filsafat

b. Metode ilmiah

c. Klasifikasi pengetahuan

9

Islam Sebagai Produk Budaya

a. Pengertian Budaya

b. Islam Sebagai Budaya

c. Pendekatan Studi Budaya

10

Aliran Pemikiran Islam

a. Teologi

b. Fikih

c. Tasawuf

11

Penelitian Keagamaan

a. Pengertian

b. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan

c. Kontruksi Teori Penelitian Agama

d. Model-model Penelitian Agama

12

Islam dan Gagasan Universal

a. Islam dan Globalisasi

b. Universalisme Islam

c. Fundamentalisme

d. Islam Eksklusif dan Islam Inklusif

13

Dinamika Islam Kontemporer

a. Pengertian Islam Kontemporer

b. Pluralisme

c. Terorisme

d. HAM

 

D. Sistem Perkuliahan

1.  Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi

Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Seluruh anggota harus terlibat aktif dalam pembuatan danpenguasaan materi yang didiskusikan.

3.    Resitasi (Tugas).

• Membuat resensi/ulasan buku terbitan tahun 2000-2013.

Judul/tema buku berisi tentang kajian-kajian keislaman.

Tugas dikerjakan secara individu.

Resensi/ulasan buku diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.

• Resensi/ ulasan buku dikumpulkan dalam bentuk print-out 

 

E.   Penilaian

1. Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Aktivitas perkuliahan 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

2.    Mahasiswa yang jumlah kehadirannya kurang dari 75 % tidak berhak mengikuti ujian akhir, dan yang bersangkutan dinyatakan gugur (tidak lulus).

                       

F. Referensi

Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual, Elaborasi Paradigma Baru Muslim Kaffah,  (Yogyakarta: Gama Media, 2006).

Abudin Nata, Metodologi Studi Islam, (Jakarta: Rajawali, 2008).

Dudung Abdurrahman (ed), Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Multidisipliner, (Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006).

Kaelan, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, Paradigma bagi Pengembangan Penelitian Interdisipliner Bidang Filsafat, Budaya, Sosial, Semiotika, Sastra, Hukum dan Seni, (Yogyakarta: Paradigma, 2005).

Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad, Islam Historis, Dinamika Studi Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Galang Press, 2001).

Lukman S. Thahir, Studi Islam Interdisipliner, (Yogyakarta: Qirtas, 2004).

M Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006).

M. Atho Mudzhar, Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek, Cet. III, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001).

Moh. Nurhakim, Metodologi Studi Islam, (Malang: UMM Press, 2004).

Muhyar Fanani, Metode Studi Islam, Aplikasi Sosiologi Pengetahuan sebagai Cara Pandang, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).

Ngainun Naim, Pengantar Studi Islam, (Yogyakarta: Gre Publishing, 2011).

 

                                                                Tulungagung, 2 September 2013

                                                                                    Dosen Pengampu,

 

 

                                                                                    Ngainun Naim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>