Musabaqah Khat Al-Qur’an (Kaligrafi)

*MUSABAQAH KHAT AL-QURAN (KALIGRAFI)*

 

_Golongan Musabaqah_

  1. Golongan Naskah (Tulisan Buku);
  2. Golongan Hiasan Mushaf;
  3. Golongan Dekorasi;
  4. Golongan Kaligrafi Kontemporer;

 

_Waktu dan Tempat_

  1. Pendaftaran pada tanggal 7 sd. 13 Oktober 2018.
  2. Peserta melakukan registrasi online melalui link di atas.
  3. Teknikal Meeting tanggal 14 Oktober 2018.
  4. Pelaksanaan MKQ tanggal 17 Oktober 2018 jam 08.00 WIB di Gedung KH. Saifudin Zuhri.

 

_Materi Khat_

  1. Materi khat adalah ayat-ayat Al-Quran rasam Usmani standar Indonesia diberikan pada 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan musabaqah.
  2. Khusus untuk golongan hiasan mushaf, gaya hiasan atau iluminasi dan ornamen harus menggambarkan halaman pertama mushaf Al-Quran sebagaimana tergambar pada halaman Umm Al-Quran/surah Al-Fatihah, dan halaman awal surah Al-Baqarah.
  3. Untuk golongan dekorasi, ayat-ayat Al-Quran dipadukan dalam media yang ber-ornamen seperti dekorasi interior/eksterior masjid dan bangunan-bangunan yang bernuansa Islam.
  4. Untuk golongan kaligrafi kontemporer penonjolan tampak pada gaya khat kontemporer yang dipadukan dalam bidang lukisan.

 

_Jenis Khat_

Jenis khat untuk golongan naskah, hiasan mushaf, dan dekorasi adalah 7 (tujuh) gaya khat standar, yaitu: Naskhi, Tsuluts, Farisi, Diwani, Diwani Jali, Riq’ah dan Kufi (Muzakhraf atau Murabba), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Golongan Naskah terdiri atas khat wajib (Naskhi) dan 2 (dua) jenis khat pilihan selain naskhi (yaitu: Tsuluts, Farisi, Diwani, Diwani Jali, Riq’ah dan Kufi (Muzakhraf atau Murabba). Jumlah ayat yang diberikan sekitar 5 – 10 baris ukuran mushaf standar Kemenag.
  2. Golongan Hiasan Mushaf adalah penulisan ayat Al-Quran dengan hiasan tepi yang biasa ditemui dalam halaman pertama mushaf Al-Quran (surah Al-Fatihah dan awal surah Al-Baqarah). Jenis khat yang dipakai adalah khat Naskhi untuk teks pokok.
  3. Golongan Dekorasi adalah penulisan ayat-ayat Al-Quran yang diberi hiasan tepi yang bisa menjadi dekorasi dinding. Jenis khat yang dimusabaqahkan minimal adalah 3 (tiga) dari 7 (tujuh) jenis khat yang dimusabaqahkan.. Teks ayat antara 4-5 baris ukuran mushaf. Untuk babak final.
  4. Golongan Kaligrafi Kontemporer adalah salah satu dari 4 (empat) gaya khat kontemporer yang dimusabaqahkan, yaitu kontemporer tradisional, figural, simbolik, dan ekspresionis.. Teks ayat untuk babak penyisihan maupun babak final antara 0,5 – 2  baris ukuran mushaf. Karya dibuat diatas kain kanvas atau manila berspanram ukuran A1.6.

 

Ketentuan Musabaqah

  1. Tulisan digoreskan secara langsung tanpa bantuan alat cetak atau mal/patron huruf dalam bentuk dan jenis apapun.
  2. Alat cetak atau mal/patron dibolehkan hanya untuk disain hiasan atau ornamen.
  3. Dilarang menonjolkan latar belakang makhluk hidup yang menyalahi norma kesopanan.
  4. Dilarang menggunakan ornamen dari bahan-bahan jadi seperti bunga, daun atau stiker.
  5. Dilarang menggunakan karya jadi atau gambarnya, seperti foto, fotokopi atau gambar untuk dijadikan referensi (mencontoh) karya.
  6. Alokasi waktu untuk semua golongan khat (kecuali Naskah) adalah 420 menit (7 jam) termasuk istirahat.
  7. Sedangkan alokasi waktu untuk golongan naskah adalah 360 menit (6 jam) termasuk istirahat.
  8. Dilarang membawa alat komunikasi (telepon genggam atau sejenisnya) dan perangkat elektronik lainnya yang memiliki fasilitas kamera digital kedalam arena musabaqah.

Contact Person: Nur Isroatul Khusna – +6285790499521

*_PEKAN PENGEMBANGAN BAKAT DAN KREATIFITAS MAHASISWA_*

*_TAHUN 2018_*

*IAIN TULUNGAGUNG*

Untuk mendaftar silahkan klik tombol daftar di bawah ini:

daftar

NB: Semua peserta diwajibkan untuk mengikuti upacara pembukaan pada tanggal 15 Oktober 2018 jam 07.00 WIB di Lapangan Utama IAIN Tulungagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>