Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Pengumuman Jadwal Diskusi bersama Mark R. Woodward

Jurusan Filsafat Agama-Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) kembali menyajikan ruang diskusi ilmiyah dalam kegiatan Institut Transvaluasi. Gebrakan anyar ini tentu diharapkan dapat memberi warna baru dalam kajian Islam-Jawa dalam perjalanan akademik IAIN Tulungagung.

Masihkah ingat dengan peta kajian Indologi dan Indonesianis tentang islam jawa (sejak Clifford Geertz hingga Mark R Woodward) yang disampaikan oleh Dr Zainul Hamdi? Teori otoritatif yang selama ini menjadi rujukan dari setiap study akademik tentang hubungan Islam dan Jawa yang salah satunya dicetuskan Geertz, yakni pembagian sosial geografis kaum “abangan, santri, dan priyayi”. Teori induk ini banyak mendapat kritikan dari pengamat Islam Jawa dan sejarah lainnya, Harsja W. Bachtiar dan Parsudi Suparlan misalnya.

Dalam penjelasan Dr Zainul hamdi pada kesempatan Institut Transvaluasi edisi ke III, ia mengemukakan bahwasanya semua teori yang mengkritik Geertz tak pernah menghasilkan 1 tesis akademik melebihi dari kritik terbaru yang dilakukan oleh: Mark R. Woodward.

Institut Transvaluasi patut berbangga, karena pada kesempatan yang sangat berharga ini Mark R. Woodward berkenan hadir di Tulungagung dalam acara Institut Transvaluasi (IT). Kedatanyangannya kali ini menjadi sebuah angin segar kiranya bagi penikmat diskusi yang disajikan oleh IT, karena dapat secara langsung belajar dari sang penemu teori.
Untuk itu, hadirilah kajian Institut Transvaluasi yang akan dilaksanakan pada: Jumat, 26 Agustus 2016. Pukul 13.00-selesai. Bertempat di Aula Utama IAIN Tulungagung.

Kami mengundang segenap pecinta diskusi Institut Transvaluasi, jajaran dosen dan pejabat IAIN Tulungaung untuk mengahdiri acara exlusive ini, jangan lupa untuk share kabar ini ya…”mari mentradisikan diskusi dan merawat akal sehat”.

14034796_1659702381014541_6521878812655661669_n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme