Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Short course HURIDOCs dan Critical Discourse Analysis

IMG_0035-2

Tulungagung. Tanggal 10-11 Januari 2017 menjadi saksi berlangsungnya short course yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Islam Jawa, Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Tulungagung. Short course ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di bulan ini. Pada tanggal 10 dihelat short course Human Right Documentations, atau yang lebih akrab disebut HURIDOCs. Pada tanggal 11, short course dilakukan dengan mengambil kajian Critical Discourse Analysis (CDA). Pesertanya siapa saja?

Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta. Peserta berasal dari pelbagai latar belakang jurusan akademik. 18 di antaranya berasal dari Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam. Sisanya, 6 peserta dari Jurusan Tasawwuf Psikoterapi; 3 peserta dari Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Ada juga seorang peserta yang berasal dari Jurusan Tadris Matematika. Tiga jurusan yang disebut pertama ini merupakan jurusan-jurusan yang berada di bawah Fakultas Ushuddin Adab dan Dakwah.

Perlu diketahui bahwa peserta tidak hanya berasal dari Tulungagung . Ada 4 peserta yang berasal dari IAI Tribakti Kediri, dan seorang peserta terakhir berasal dari Jurusan Ekonomi Syari’ah STAI Sunan Drajad Lamongan.

Pemilihan tema short course bukan tanpa pertimbangan. Tema ini dipilih untuk kemudian akan ditindaklanjuti menjadi sebuah riset.

Telah ditetapkan bahwa Pusat Kajian Islam Jawa akan melaksanakan riset “Dinamika Keberagamaan di Indonesia tahun 2016″. Tema ini akan diwujudkan dalam dua riset sekaligus. Riset pertama menggunakan pendekatan HURIDOCs. Riset kedua menggunakan pendekatan CDA untuk mendapatkan gambaran tentang representasi media atas keberagamaan di Indonesia.

Dengan begitu, short course sama dengan workshop awal untuk membuat dua desain riset. Riset diproyeksikan berlangsung selama satu bulan, sampai pertengahan Februari 2017. Hasil riset akan dipublikasikan dan dilaunching pada akhir Februari 2017. [Gedong Maula Kabir].

 

IMG_0045-2

IMG_0026-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme