Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Agenda Penelitian Bersama Pusat Kajian Islam Jawa dan LPM Dimensi

 

Tulungagung. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dimensi IAIN Tulungagung menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2017 yang dihelat pada Jumat-Minggu, 27-29 Januari 2017. Acara PJTL tahun ini bertema ‘Menyibak Pola Pemberitaan Media dengan Bingkai Hak Asasi Manusia (HAM)’. Acara ini berlangsung di gedung Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah.

IMG-20170129-WA0044

PJTL diikuti 25 peserta, sebagian besarnya adalah anggota LPM Dimensi, ditambah delegasi dari IAIN Ponorogo dan STAIN Kediri. Acara difasilitasi oleh direktur Pusat Kajian Islam Jawa, Akhol Firdaus. Di samping mendalami model-model analisis wacana kritis (ciritcal discourse analysis) yang dikembangkan para ahli, pelatihan pada akhirnya dikerucutkan pada agenda-agenda penelitian media.

Pada hari terakhir, disepakati agenda penelitian bersama antara LPM Dimensi dengan Pusat Kajian Islam Jawa. Agenda riset bersama tersebut mengangkat tema ‘derajat pewacanaan penodaan agama pada kasus Ahok dan Rizieq di Media’. Riset ini diharapkan dapat membedah pola marjinalisasi dan perbedaan derajat marjinalisasi dalam dua kasus ‘penodaan agama’.

Penelitian bersama ini diharapkan sudah selesai di akhir bulan Februari tahun 2017, sehingga bisa dilaunching bersama. Hasil riset diharapkan dapat menjadi bahan untuk pendidikan publik terkait cara cerdas membaca media massa []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme